Prediksi Kolombia vs Uruguay Piala Dunia 2014

Share/Bookmark

Prediksi pertandingan Kolombia vs Uruguay Piala Dunia Brasil 29 Juni 2014

Satu partai pada babak 16 besar akan mempertemukan, juara grup C Kolombia dengan runner-up grup D Uruguay. Kolombia lolos ke babak 16 besar setelah meraih angka penuh di grup dengan menang melawan Yunani, Pantai Gading, dan Jepang. Sedangkan Uruguay berhasil lolos dari hadangan grup maut dengan memulangkan Inggris dan Italia, meski sempat ditundukkan Kosta Rika pada laga pertama.

Tapi Uruguay harus menerima kenyataan pahit setelah striker andalan mereka, Luis Suarez, tidak lagi bisa tampil di Piala Dunia 2014. Striker Liverpool itu mendapatkan larangan bertanding dari FIFA setelah melakukan tindakan kontroversial menggigit Giorgio Chiellini saat Uruguay melawan Italia di laga terakhir babak grup.

Dengan absennya Suarez, sang pelatih Oscar Tabarez, kemungkinan akan kembali menunjuk Diego Forlan untuk mendampingi Edinson Cavani di depan. Dengan formasi 4-3-1-2 yang mereka peragakan saat mengalahkan Inggris, kedua pemain ini akan menjadi ujung tombak di depan.

Di barisan pertahanan, permainan bek muda Atletico Madrid, Jose Maria Gimenez, saat menggantikan Diego Lugano yang cedera di fase grup, mungkin akan membuat Tabarez mempertahankan duet Godin dan Gimenez pada bek tengah. Lalu, posisi fullback kanan akan kembali diisi Martin Caceres sedangkan di kiri akan ditempati Alvaro Pereira.

Absennya Suarez secara tidak langsung membuat kondisi kedua tim menjadi lebih “adil”. Pasalnya, Kolombia juga sejak jauh hari telah kehilangan striker andalan mereka yang juga menjadi top skor saat babak kualifikasi, Radamel Falcao. Pemain AS Monaco ini harus dicoret dari 23 nama pemain Kolombia setelah mengalami cedera ligamen di lutut.

Jose Pekkerman, pelatih Kolombia, juga sepertinya tidak akan merubah formasi andalan, 4-3-2-1.

Dengan menjadikan James Rodriguez sebagai pusat serangan di tengah, Kolombia memiliki pasukan penyerang yang memiliki kecepatan luar biasa. Victor Ibarbo di kiri dan Guillermo Cuadrado di kanan akan membantu James Rodriguez mengirimkan bola ke Teofilo Gutierez di depan. Pasukan pemain inilah yang berhasil membawa Kolombia menjadi tim kedua paling subur di fase grup dengan mencetak 9 gol.

Kedua tim sudah bertemu dua kali pada babak kualifikasi Piala Dunia Brasil zona CONMEBOL. Pada dua pertemuan tersebut, kedua tim sama-sama berhasil memenangkan pertandingan saat bermain di kandang. Kolombia menang 4-0 saat bermain di Baranquilla, sedangkan Uruguay menang 2-0 saat bermain di Montevideo.

Pasukan Gelandang Uruguay

Sejak semula, barisan tengah Uruguay memang sudah menjadi pusat perhatian. Oscar Tabarez harus memutar otak ekstra keras untuk menemukan susunan pemain tengah yang baik. Pada pertandingan melawan Kostarika, Tabarez memainkan 4 sejajar dengan Walter Gargano dan Arevalo Rios di tengah. Susunan ini gagal total mengingat Kostarika benar-benar berhasil menguasai tengah lapangan.

Tabarez kemudian menemukan susunan yang lebih tepat saat melawan Inggris dan Italia. Pelatih yang menangani Uruguay sejak 2006 ini memainkan gelandang dengan formasi berlian. Ternyata skema ini sangat efektif dalam menahan serangan lawan. Tercatat 17 kali tackle berhasil dan 10 kali intersep berhasil dilakukan barisan pemain tengah Uruguay saat melawan Inggris.

Namun, catatan impresif bertahan ini tidak sejalan dengan catatan mereka dalam menyerang. Dapat dikatakan bahwa barisan pemain tengah Uruguay merupakan barisan yang sangat buruk dalam hal mengalirkan bola ke depan. Hal ini terlihat dari buruknya catatan akurasi operan yag dilakukan para pemain gelandang.

Rata-rata pemain hanya memiliki akurasi operan sekitar 70%. Bahkan, Nicolas Lodeiro dan Alvaro Gonzalez memiki catatan akurasi hanya 69% dan 66%. Mungkin hanya Arevalo Rios yang mencatatkan akurasi hingga 94% saat melawan Italia. Namun, tugas dari gelandang asal klub Meksiko, Morelia, saat itu hanya mengalirkan bola ke samping.

Tabarez memang tidak merencanakan untuk bermain bola dari kaki para gelandang di tengah. Ia lebih memilih untuk langsung mengalirkan ke depan, atau memainkan bola dari sayap, seperti yang diperagakan saat melawan Inggris. Ketika itu, bahkan bola dari Muslera langsung dikirimkan ke Luis Suarez di depan. Barisan pemain tengah Uruguay benar-benar hanya difungsikan untuk pertahanan.

Uruguay Tanpa Luis Suarez

Tidak bisa dipungkiri bahwa Luis Suarez merupakan pemain yang sangat vital bagi Uruguay. Keberhasilan strategi bola-bola panjang Tabarez pada babak grup juga tidak terlepas dari kemampuan Suarez duel melawan bek-bek lawan. Namun, kini Tabarez tidak lagi dapat memainkan striker Liverpool ini selama Piala Dunia 2014. Pertanyaan yang hadir kemudian adalah, bagaimana skema Uruguay tanpa Suarez?

Tabarez adalah pelatih yang sering melakukan perubahan formasi dan susunan pemain. Dia tidak mempunya pakem tertentu dan selalu beradaptasi dengan kondisi tim saat pertandingan. Lihat saja saat 3 pertandingan di fase grup, Tabarez memainkan 3 formasi yang berbeda. Maka bukan satu hal yang mustahil jika Tabarez juga memainkan formasi yang lain lagi saat melawan Kolombia.

Bermain tanpa Luis Suarez sebenarnya sudah terjadi saat Uruguay melawan Kosta Rika. Ketika itu Uruguay dihancurkan Kosta Rika dengan skor 3-0. Ketika itu Edinson Cavani ditunjuk sebagai ujung tombak Uruguay yang berdiri paling depan.

Setelah Suarez ikut bertanding melawan Italia dan Inggris, posisi Cavani sedikit lebih ditarik ke belakang dan Suarez yang berada paling depan. Cavani bahkan diberikan tugas untuk melakukan penjagaan kepada Steven Gerarrd dan Andrea Pirlo saat melawan Inggris dan Italia.

Cavani memang pilihan terbaik yang dimiliki Tabarez untuk menggantikan peran Suarez sebagai mesin gol Uruguay. Cavani memiliki kecepatan dan teknik yang tidak kalah baik dari Suarez. Hanya saja, pemain PSG ini belum memiliki catatan jumlah gol yang sebaik rekannya.

Permasalahan selanjutnya bagi Tabarez adalah siapa yang kemudian akan mendukung Cavani dalam menyerang. Di sini Tabarez memiliki banyak pilihan seperti Diego Forlan, Nicolas Lodeiro, atau memainkan satu striker lain, Abel Hernandez.

Banyak pihak yang beranggapan bahwa Diego Forlan yang akan mengambil peran ini. Kemungkinan Forlan akan bermain sedikit di belakang Cavani layaknya posisi Cavani saat mendampingi Suarez pada babak grup. Sedangkan Nicolas Lodeiro akan kembali diposisikan pada ujung terdepan formasi berlian.

Permainan Cepat Kolombia

Permainan cepat dapat dijadikan andalan Kolombia untuk mengobrak-abrik pertahanan Uruguay. Sudah bukan rahasia lagi bahwa bek-bek Uruguay memiliki kecepatan yang buruk. Kedua bek tengah Uruguay memang memiliki kemampuan duel udara yang baik, namun sangat rentan jika beradu sprint.

Hal ini yang seharusnya dimanfaatkan Pekerman untuk menembus pertahanan Uruguay. Pekermen memiliki stok segudang pemain dengan kecepatan tinggi. Sebut saja Cuadrado, Ibarbo, Jackson Martinez, dan pemain yang menjadi inti serangan Kolombia, James Rodriguez.

Pemain-pemain ini yang akan membuat Tabarez semakin harus memutar otak. Bagaimana cara yang paling tepat untuk meredam kecepatan mereka. Apakah dengan merapatkan posisi para pemain tengah, atau menempatkan seorang gelandang petarung seperti Walter Gargano?

Ditambah lagi, Kolombia memiliki catatan serangan balik yang sangat berbahaya. Mereka merupakan tim kedua paling banyak yang berhasil melakukan attempts melalui proses serangan balik. Lagi-lagi, kecepatan yang dimiliki dari para penyerang Kolombia yang menjadi kunci serangan balik mereka.

Maka dari itu, mengingat kecepatan adalah kelemahan Uruguay, Tabarez sepertinya akan bermain lebih tertutup di daerah pertahanan sendiri dan kembali mengandalkan bola panjang untuk melakukan serangan.

Overlap dari kedua fullback, Martin Caceres dan Alvaro Pereira, akan kembali digunakan sehingga para gelandang tetap berada di posisinya di area tengah. Dengan begitu, jika terjadi serangan balik, para penyerang Kolombia tidak akan langsung berhadapan dengan kedua bek tengah Uruguay.

Prediksi: Kolombia Diunggulkan

Dengan penampilan impresif mereka di fase grup dan susunan pemain yang sangat komplit, bukan hal yang aneh jika kemudian Kolombia lebih diunggulkan dalam duel dua tim Amerika Selatan ini. Ditambah lagi Uruguay kehilangan pemain yang paling mereka andalkan, Luis Suarez. Apalagi fitur-fitur yang dimiliki Kolombia sangat mirip dengan Kosta Rika yang sukses mengalahkan La Celeste 3-1.

Namun, kita juga tidak bisa meremehkan Oscar Tabarez begitu saja. Pelatih yang membawa Uruguay juara Copa America 2011 ini selalu bisa menghadirkan kejutan dalam setiap laga. Kepintarannya dalam mengutak-atik susunan pemain seringkali berhasil menghadirkan skema yang tidak terduga meski dengan kondisi skuat yang minim. Aksi Uruguay di Piala Dunia 2010 lalu adalah bukti kejeniusan Tabarez dalam menyusun strategi.

Head To Head :
11 Sept 2013 : Uruguay 2-0 Kolombia (Kualifikasi PD 2014)
08 Sept 2012 : Kolombia 4-0 Uruguay (Kualifikasi PD 2014)
10 Sept 2009 : Uruguay 3-1 Kolombia (Kualifikasi PD 2010)
07 Sept 2008 : Kolombia 0-1 Uruguay (Kualifikasi PD 2010)
07 Feb 2008 : Uruguay 2-2 Kolombia (persahabatan)

Lima Pertandingan Terakhir Kolumbia:
25 Jun 2014 Jepang 1 – 4 Kolombia(Piala Dunia)
19 Jun 2014 Kolombia 2 -1 Pantai Gading (Piala Dunia)
14 Jun 2014 Kolombia 3 – 0 Yunani (Piala Dunia)
07 Jun 2014 Kolombia 2 -2 Senegal (Friendly Match)
01 Jun 2014 Kolombia 3 – 0 Jordan (Friendly Match)

Lima Pertandingan Terakhir Uruguay :
24 Jun 2014 : Italia 0-1 Uruguay (Piala Dunia)
20 Jun 2014 : Uruguay 2-1 Inggris (Piala Dunia)
15 Jun 2014 : Uruguay 1-3 Kosta Rika (Piala Dunia)
5 Jun 2014 : Uruguay 2-0 Slovenia (persahabatan)
31 Mei 2014 : Uruguay 1-0 Irlandia Utara (persahabatan)

Prediksi susunan pemain Kolombia vs Uruguay :

Kolombia:
Ospina; Arias, Armero, Cuadrado, Guarin, Mejia, Balanta, Ramos, Quintero, Martinez, Valdes

Uruguay:
Muslera; Caceres, Gimenez, Godin, Pereira; Gonzalez, Arevalo, Lodeiro, Rodriguez; Cavani, Coates.

Pertandingan Piala Dunia Brasil 2014 antara Kolombia vs Uruguay akan berlangsung di Stadion Itaipava Arena Pernambuco, Recife, Pernambuco. Dan disiarkan langsung oleh ANTV/TV-One pada tanggal 29 Juni 2014 pukul 03:00 WIB.

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Prediksi Kolombia vs Uruguay Piala Dunia 2014 was last modified: June 28th, 2014 by Agus Darmawan
Terms : nama pemain smackdown yang bersaudara, yhs-fullyhosted_003, prediksi spain cup, prediksi cortana liga champion 2015, pemain smackdown yang bersaudara, formasi barcelona 2015, prediksi cortana malam ini, Susunan pemain Barcelona 2014, cara mengalahkan formasi 4-1-3-1-1, pemain bola terganteng 2015
tags: , , ,