Prancis Dapat Kalahkan Ukraina 2-0

Yahoo MessengerShare/Bookmark

Hasil Pertandingan Grup D Ukraina vs Prancis Euro 2012.

Pertandingan Grup D Ukraina vs PrancisPrancis sukses memetik poin penuh ketika menghadapi Ukraina. Tampil relatif dominan, skuad arahan Laurent Blanc itu menang dengan skor 2-0.

Pertandingan yang berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Sabtu (16/6/2012) dinihari WIB, tersebut sempat ditunda akibat hujan deras dan petir. Setelah dimulai kembali, laga langsung panas.

Karim Benzema mendapatkan peluang pertama. Namun, tendangan kerasnya masih bisa ditepis oleh Andiy Pyatov. Beberapa menit berselang, giliran Mathieu Debuchy yang mendapatkan peluang. Namun, sepakan Debuchy belum membahayakan gawang Ukraina.

Prancis sempat mencetak gol di menit ke-16, ketika umpan terobosan Franck Ribery menemui Jeremy Menez di sisi kanan. Menez pun menceploskan bola ke gawang Pyatov, namun, dianulir lantaran ia terperangkap offside.

Andriy Shevchenko tak mau kalah. Dia unjuk aksi di menit ke-34. Menerima umpan jauh dari belakang, ia mengontrol bola dengan dada, membawanya ke dalam kotak penalti, dan melepaskan tendangan keras. Sial baginya, tendangan kerasnya mampu diblok Hugo Lloris.

Prancis kembali gantian membalas. Berawal dari sepakan bebas Samir Nasri, bola disambut dengan sundulan oleh Philippe Mexes di dalam kotak penalti. Hasilnya? Pyatov melakukan penyelamatan bagus. Sundulan Mexes ditepisnya.

Hingga babak pertama habis skor tetap 0-0.

Ukraina sempat mendapatkan peluang di menit ke-48. Sheva dengan mudah melewati Adil Rami di sisi kiri, sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Namun, tendangannya melambung.

Terus menekan, Ukraina justru kebobolan lebih dulu. Serangan ke jantung pertahanan skuad arahan Oleg Blokhin itu diakhiri Jeremy Menez yang menusuk dari sisi kanan. Tendangan kaki kirinya deras menyusur tanah dan Pyatov tak mampu menjangkaunya. Gol!

Prancis kemudian unggul lagi tak lama setelahnya! Benzema menjadi arsitek dari gol kedua ini setelah umpan terobosannya memotong pertahanan dan disambut Cabaye di dalam kotak penalti. Setelah mengecoh lawan yang menjaganya, Cabaye melepaskan tendangan kaki kiri menyusur tanah. Pyatov pun kembali harus memungut bola dari jalanya.

Pada menit ke-64, Ribery mendapatkan peluang bagus. Ia hampir saja memperbesar keunggulan timnya, jika saja tendangannya tidak menerpa mistar gawang. Setelahnya, Ukraina gantian menyerang.

Dari serangan yang dibangun dari sisi kiri tersebut, bola diberikan kepada Andriy Yarmolenko. Tetapi, Yarmolenko telat untuk melepaskan tembakan sehingga barisan pertahanan Prancis mendapatkan kesempatan menutup ruang. Tendangan Yarmolenko pun keluar lapangan setelah mengenai pemain Prancis.

Di sisa laga, Ukraina beberapa kali mencoba menekan Prancis. Dua peluang terbuang. Yang pertama di menit ke-70, ketika solo-run Marko Devic diakhiri finishing yang buruk dari luar kotak penalti. Setelahnya, pada menit ke-80, tendangan bebas Oleksandr Aliev melesat jauh di atas mistar gawang.

Samir Nasri mendapatkan kesempatan bagus di menit ke-83, ketika Prancis mendapatkan tendangan bebas di sisi sebelah kanan pertahanan Ukraina. Namun, tendangan Nasri yang diarahkan ke tiang dekat masih bisa ditepis oleh Pyatov.

Sampai laga selesai, skor 2-0 tetap tak berubah. Berkat hasil ini, Prancis memuncaki klasemen sementara Grup D dengan nilai 4. Sedangkan Ukraina berada di urutan kedua dengan nilai 3.

Hasil Pertandingan Grup D Ukraina vs Prancis Euro 2012.ref:detikSport