Persiapan Roma Hadapi Manchester City Pada Liga Champions Dini Hari Nanti

Share/Bookmark

Jelang AS Roma vs Manchester City dini hari nanti, bagi Roma menghadapi City seperti pertarungan difinal

AS Roma akan menentukan nasibnya di Liga Champions musim ini kala menjamu Manchester City. Sang pelatih, Rudi Garcia, tak ragu menyebut laga tersebut layaknya sebuah final untuk timnya.

Menjamu City di Olimpico, Kamis (11/12/2014) dinihari WIB, Roma memburu tiket lolos tersisa dari Grup E. Satu tiket lain sudah digenggam oleh Bayern Munich yang jadi juara grup. Selain Roma dan City, CSKA Moskow juga punya peluang mengingat ketiganya sama-sama mengoleksi nilai lima.

Tiga poin akan memastikan langkah Giallorossi ke babak berikutnya. Namun hasil imbang 0-0 juga bakal cukup untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar dengan syarat CSKA tak menang di markas Bayern.

Lolos tentu bakal jadi torehan istimewa untuk Roma mengingat status mereka sebelumnya tak lebih diunggulkan dari City. Apalagi ini merupakan keikutsertaan yang pertama setelah absen tiga musim terakhir. Maka laga ini tak ubahnya final untuk ‘Serigala Ibukota’, meski Garcia juga menyatakan tak ada persiapan khusus.

“Seperti yang selalu saya katakan, setiap laga itu penting. Bagi kami, ini adalah sebuah laga final. Kami bahkan tidak seharusnya terlibat di pertandingan keenam karena kami keluar dari pot 4 sementara mereka adalah juara Inggris,” kata Garcia dikutip Football Italia.

“Seperti yang saya katakan sebelum laga terakhir melawan CSKA Moskow, untuk menang kami perlu turun ke lapangan dan bermain. Ini adalah sebuah laga spesial, tapi kami telah bersiap dengan cara yang normal, sebagaimana kami akan bersiap untuk laga-laga lainnya,” lanjutnya.

“Manchester City adalah sebuah tim tangguh, tapi kami harus fokus pada permainan dan intensitas kami sendiri. Kami tahu ini akan jadi sebuah laga berat, tapi kami bisa mengatasinya,” demikian pelatih 50 tahun

Gelandang Roma Daniele De Rossi menyadari laga nanti takkan mudah, apalagi mental Giallorossi kini sedang kurang oke menyusul hasil imbang 1-1 di markas CSKA pada matchday lalu. Ia menegaskan Roma kini akan menentukan nasibnya sendiri.

“Hasil imbang lawan CSKA sudah memunculkan dampak negatif kepada semangat karena proses dari hadirnya hasil seri tersebut,” kata De Rossi kepada UEFA yang dikutip Football Italia.

“Itu tak mengubah banyak hal dalam konteks klasemen, sekalipun dengan kemenangan City atas Bayern, tapi saat itu kami tinggal berjarak 20 detik lagi dari sebuah kemenangan penting. Itu bisa berarti hasil seri atau kemenangan akan cukup di laga terakhir.

“Kini kami mesti berjuang untuk mencapai impian (lolos dan jadi juara) ini, tapi peluang tersebut masih tetap berada di tangan kami sendiri dan bisa sekadar memiliki kesempatan untuk lolos pada fase ini pun sudahlah merupakan awal dari impian itu,” bebernya.

*********

Menghadapi laga krusial melawan AS Roma, Manchester City tak akan diperkuat oleh Sergio Aguero yang cedera. Edin Dzeko pun siap menggantikan peran Aguero demi meloloskan City.

Aguero mengalami cedera lutut dan cuma bermain tak sampai 10 menit saat City menghadapi Everton di Premier League akhir pekan lalu. Manajer City Manuel Pellegrini mengungkapkan bahwa Aguero harus menepi 4-6 pekan karena cedera tersebut.

Cederanya Aguero tentu menjadi pukulan buat City yang tengah berupaya untuk lolos dari fase grup Liga Champions. Striker asal Argentina itu tengah on fire dengan mengemas 19 gol dari 21 kali penampilannya di semua kompetisi.

Namun City sudah bisa menurunkan Dzeko. Striker internasional Bosnia Herzegovina sudah pulih dari cedera betis yang sempat membuatnya menepi sekitar tiga pekan.

“Saya ada ketika tim membutuhkan dan saya senang bisa kembali. Itu (absen) sedikit sulit bagi saya tapi sekarang saya kembali dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mencetak gol dan membawa sesuatu yang bagus untuk tim,” sahut Dzeko seperti dikutip ESPN FC.

Dzeko sudah terbiasa menghadapi situasi krusial. Striker 28 tahun itu beberapa kali tampil sebagai penentu untuk City di saat-saat penting.

Di akhir musim 2011/2012 misalnya, Dzeko mencetak gol penyeimbang yang mengawali comeback City di laga terakhir Premier League melawan Queens Park Rangers. Kemenangan dramatis di laga itu memberi City titel Premier League pertama dalam 44 tahun.

Musim lalu, Dzeko juga berperan penting dalam keberhasilan City memenangi Premier League. Kesuburan yang ditunjukkannya menjelang akhir musim (lima gol dalam tiga laga jelang akhir musim) membawa City menjauh dari kejaran rival.

“Sekarang itu sudah lewat dan kami harus melihat ke masa depan. Dan, seperti yang saya katakan, saya selaklu mencoba untuk melakukan tugas saya dan itu adalah mencetak gol dan saya akan terus bikin gol. Saya yakin, jika saya terus fit,” lugasnya.

City dan Roma yang sama-sama punya lima poin akan melakoni laga hidup mati di Stadio Olimpico, Kamis (11/12/2014) dinihari WIB. The Citizens butuh kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar dan di saat bersamaan CSKA Moskow gagal menang dari Bayern Munich. City juga masih bisa lolos dengan hasil imbang jika CSKA takluk di Allianz Arena.

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Persiapan Roma Hadapi Manchester City Pada Liga Champions Dini Hari Nanti was last modified: December 10th, 2014 by Agus Darmawan
tags: , , ,