Nigeria dan Afrika Gagal Ke Piala Afrika 2012

Share/Bookmark

Ajang Piala Afrika 2012 tak akan diikuti oleh dua negara besar, Afrika Selatan dan Nigeria. Keduanya harus gigit jari karena gagal melewati babak kualifikasi.

Dalam laga kualifikasi Grup G di Mbombela Stadium, Sabtu (8/10/2011), Afrika Selatan gagal meraih poin penuh atas Sierra Leone. Bafana Bafana harus puas dengan hasil imbang tanpa gol. Hasil ini membuat Afrika Selatan cuma bisa finis di peringkat kedua klasemen akhir dengan sembilan poin dari enam laga. Meski punya poin sama dengan Niger yang ada di peringkat teratas, mereka kalah head-to-head.Di Grup B, nasib serupa dialami oleh Nigeria. Super Eagles dipastikan gagal lolos setelah diimbangi Guinea 2-2. Dengan demikian, yang berhak lolos dari Grup B adalah Guinea yang memuncaki klasemen dengan 14 poin dari enam partai. Nigeria ada di posisi kedua dengan 11 poin.

Sejauh ini, negara-negara yang sudah memastikan diri lolos dari kualifikasi adalah Angola, Ghana, Guinea, Libya, Mali, Niger, Tunisia, Senegal, Burkina Faso, Pantai Gading, Botswana, dan Zambia. Mereka akan bertarung di turnamen terbesar di Benua Hitam yang digelar di Gabon dan Equatorial Guinea, awal tahun depan.

Nigeria dan Afrika Gagal Ke Piala Afrika 2012 was last modified: October 9th, 2011 by Dian Novita