Mampukah Manchester City Pertahankan Juara Tahun Depan

Share/Bookmark

Persiapan The Citizens Jelang Liga Inggris 2012-2013

Manchester City juala liga inggris 2012Harapan pemilik Manchester City untuk melihat timnya juara Liga Inggris sudah tercapai. Namun, tugas City musim ini akan jauh lebih berat: mempertahankan titel. Bisa, The Citizens?

Saat Sheikh Mansour mengakuisisi City, empat tahun silam, target tinggi langsung dicanangkan. Bidikan pertama tentu level domestik lebih dulu. City, yang selama bertahun-tahun cuma jadi penghuni papan tengah, diharapkan bisa mendobrak dominasi Big Four (Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea).

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, Sheikh Mansour tak ragu untuk mengeluarkan banyak fulus. Pemain-pemain top seperti Robinho, Emmanuel Adebayor, Carlos Tevez, Kolo Toure, Gareth Barry, sampai Joleon Lescott diangkut ke Eastlands dengan biaya yang tidak murah.

Namun, untuk membangun tim juara memang tidak gampang. Punya pemain-pemain top tak menjamin City akan otomatis kompetitif. Di akhir musim 2008/2009, mereka cuma finis di posisi kesepuluh klasemen akhir.

Peruntungan City mulai berubah setelah Roberto Mancini diangkat sebagai manajer pada akhir 2009. Pria asal Italia itu mengantarkan City melejit ke posisi kelima di akhir musim tersebut.

Dengan penambahan pemain yang terus dilakukan, City di bawah asuhan Mancini makin solid. Musim 2010/2011 bisa dianggap sebagai momen penting bagi City saat mereka sukses menjuarai Piala FA dan lolos ke Liga Champions. Inilah kali pertama City mengangkat trofi setelah terakhir memenangi Piala Liga tahun 1976.

Trofi itu ternyata memotivasi City untuk meraih gelar yang lebih bergengsi: Premier League. Benar saja, di musim berikutnya, City menjelma menjadi penantang juara.

City secara konsisten bersaing dengan MU di puncak klasemen. Meski sempat tergusur dan tertinggal jauh dari ‘Setan Merah’, mereka bisa mengejar dan akhirnya jadi kampiun setelah secara dramatis mengalahkan Queens Park Rangers di partai pamungkas. Ini adalah gelar liga pertama buat City sejak 1968.

Titel tersebut memang sangat bermakna City. Selain mengakhiri penantian selama 44 tahun, mereka juga sukses menghentikan dominasi rival sekota mereka. Manchester sudah sah membiru lagi.

Tapi, City tak bisa lama-lama larut dalam euforia. Di musim ini, mereka sudah dinanti dua tantangan terbesar. Selain mempertahankan titel domestik, mereka juga ingin naik selevel lebih tinggi dengan meraih prestasi di level Eropa.

Di level domestik, City kini akan menjadi team to beat. Sebagai juara bertahan, mereka akan gantian diburu oleh tim-tim lainnya dan dijadikan target utama untuk dikalahkan. Ya, mempertahankan gelar memang akan selalu lebih sulit daripada merebutnya.

Yang kini membuat Mancini gundah adalah kebijakan berhemat yang diterapkan petinggi klub. Karena sudah boros di waktu sebelumnya, City harus berhitung cermat agar mereka tak melanggar aturan Financial Fair Play UEFA.

Akibat kebijakan tersebut, keinginan Mancini untuk mendapatkan Robin van Persie sulit terpenuhi. City pun sejauh ini baru mendapatkan satu orang pemain saja, Jack Rodwell dari Everton.

Okelah, City memang sudah punya skuat tangguh yang berisi bintang-bintang di semua posisi. Tapi, Mancini tetap ingin bintangnya bertambah setelah melihat geliat rival-rival klubnya di bursa transfer.

Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan MU lebih aktif bergerak di bursa transfer dibandingkan City. Nama-nama seperti Eden Hazard, Marko Marin, Oscar, Olivier Giroud, Santi Cazorla, Lukas Podolski, Fabio Borini, Joe Allen, sampai Shinji Kagawa berpindah ke klub-klub tersebut. City pun kini harus mengukur lagi kekuatan rival-rivalnya.

MU diperkirakan masih akan jadi rival terberat City. Chelsea dan Arsenal akan berpotensi mengganggu duo Manchester kalau pemain-pemain baru mereka langsung tampil oke. Sementara itu, Liverpool tampaknya masih butuh waktu untuk kembali ke level tertinggi bersama Brendan Rodgers.

Jadi, bisakah City menahan gempuran klub-klub pesaing dan mengangkat trofi lagi pada Mei tahun depan?

Persiapan The Citizens Jelang Liga Inggris 2012-2013. ref:detikSport

Mampukah Manchester City Pertahankan Juara Tahun Depan was last modified: August 15th, 2012 by Agus Darmawan
Terms : launching jersey persib 2015-2016
tags: , ,