Lewat Perpanjangan Waktu, Chelsea Taklukkan Shakhtar

Share/Bookmark

Hasil Pertandingan Chelsea vs Shakhtar Donetsk Liga Champions 2012

Pertandingan Chelsea vs ShakhtarChelsea memenangi duel ketat melawan Shakhtar Donetsk di matchday 4 Liga Champions. The Blues butuh gol Victor Moses di menit-menit terakhir untuk memastikan kemenangan dengan skor 3-2.

Pada laga di Stamford Bridge, Kamis (8/11/2012) dinihari WIB, Chelsea unggul cepat lewat gol Fernando Torres. Tim tamu menunjukkan reaksi yang sangat baik dan langsung membalas melalui kaki Willian.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Chelsea kembali memimpin. Kali ini, Oscar sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Tapi, keunggulan sang juara bertahan sirna di awal babak kedua. Willian lagi-lagi membuat publik tuan rumah terdiam karena golnya.

Saat pertandingan seperti akan berakhir imbang, Moses tampil sebagai pahlawan. Sundulannya di waktu tambahan mengantarkan timnya menang 3-2.

Dengan hasil ini, Chelsea tetap di urutan kedua klasemen sementara Grup E dengan tujuh poin dari empat laga. Shakhtar masih di posisi teratas dengan poin sama.

Jalannya pertandingan

Shakhtar lebih dulu mengancam pada menit ketiga lewat percobaan Yaroslav Rakitskiy. Tapi, tendangan bebas Rakitskiy mengarah tepat ke pelukan kiper Petr Cech.

Berselang semenit, gantian tim tuan rumah yang mendapatkan peluang lewat tendangan bebas. Namun, eksekusi David Luiz juga masih bisa dibaca oleh Andriy Pyatov.

Gol benar-benar tercipta pada menit keenam. Gol ini berawal dari backpass berbahaya dari Rakitskiy kepada Pyatov. Pyatov mencoba membuang bola ke depan, tapi dia dihalangi Torres. Alhasil, bola tendangan Pyatov mengenai kaki Torres dan memantul masuk ke gawangnya.

Beberapa saat sesudahnya, Torres berpeluang bikin gol lagi. Namun, tendangan jarak jauhnya bisa dihentikan oleh Pyatov.

Tim tamu tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Di menit kesembilan, Willian menjebol gawang Cech setelah menuntaskan akselerasi Fernandinho di sisi kanan.

Memasuki menit ke-15, giliran Fernandinho yang menebar ancaman. Tembakan jarak jauhnya memaksa Cech menjatuhkan diri untuk menepis si kulit bundar.

Shakhtar masih terus membahayakan gawang Chelsea. Di menit ke-21, Henrik Mkhitaryan menyambut umpan sundulan Luiz Adriano dengan sepakan dari luar kotak penalti. Tapi, arahnya masih melebar.

Di menit ke-32, percobaan yang dilakukan oleh Alex Teixeira belum membuahkan gol untuk Shakhtar. Tendangan menyilangnya masih melenceng.

Banyak diserang, Chelsea malah bisa unggul lagi pada menit ke-40. Dalam sebuah serangan balik, Juan Mata mengirim umpan panjang ke pertahanan Shakhtar. Pyatov keluar dari sarangnya dan mencoba menghalau bola, tapi si kulit bundar malah jatuh ke kaki Oscar.

Meski jarak gawang masih jauh, Oscar melepaskan tendangan voli dengan kaki kanannya. Bola masuk gawang dengan mulus karena Pyatov belum kembali ke posisinya.

Beberapa saat sebelum turun minum, Oscar berpeluang mencetak gol lagi. Namun, tendangannya bisa ditepis Pyatov dengan sangat baik.

Babak kedua baru berjalan dua menit, Shakhtar bisa menyamakan kedudukan 2-2. Lagi-lagi, klub Ukraina ini sukses mengeksploitasi rapuhnya sisi kiri pertahanan Chelsea.

Penetrasi Darijo Srna di sektor tersebut diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang. Willian menyambut bola dengan sontekan pelan yang menggetarkan gawang Cech.

Shakhtar nyaris berbalik memimpin pada menit ke-54. Sial buat mereka, tendangan Razvan Dinca Rat masih digagalkan tiang gawang.

Seisi Stamford Bridge bersorak saat tandukan John Obi Mikel meneruskan tendangan bebas Mata menembus gawang Pyatov pada menit ke-67. Tapi, gol ini dianulir wasit karena Mikel lebih dulu terjebak offside.

Pertandingan menjadi dramatis setelah Chelsea mencetak gol kemenangan di menit keempat injury time. Sundulan Moses meneruskan sepak pojok Mata memastikan tiga poin untuk sang juara bertahan.

Susunan pemain
Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz, Cahill, Bertrand, Mikel, Ramires, Mata, Oscar (Moses 81), Hazard, Torres (Sturridge 89′)

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Srna, Rakitskiy, Kucher, Rat, Hubschman, Fernandinho, Mkhitaryan, Willian, Alex Teixeira (Ilsinho 78′), Luiz Adriano

Hasil Pertandingan Chelsea vs Shakhtar Donetsk Liga Champions 2012. ref:detikSport

Lewat Perpanjangan Waktu, Chelsea Taklukkan Shakhtar was last modified: November 8th, 2012 by Agus Darmawan
tags: , , , ,