Lewat Adu Penalti, Akhirnya Chelsea Jadi Juara Liga Champions 2012

Share/Bookmark

Chelsea Juara Liga Champions 2012.

Chelsea Juara Liga Champions 2012Chelsea tampil sebagai juara Liga Champions musim 2011/2012. Setelah hingga 120 menit kedudukan tetap 1-1, The Blues mengalahkan Bayern Munich lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Bayern tampil dominan dalam laga di Allianz Arena, Minggu (20/5/2012) dinihari WIB. Situs resmi UEFA menulis Die Roten unggul penguasaan bola hingga 55 persen.

Bayern juga lebih banyak mendapatkan peluang dengan melepaskan 35 tembakan, dengan tujuh di antaranya tepat sasaran. Sementara Chelsea cuma bisa menembak sembilan kali dan tiga di antaranya on target.

Bayern lebih dulu unggul pada menit ke-83 melalui tandukan Thomas Mueller. Dua menit sebelum waktu normal berakhir, Chelsea membalas lewat gol Didier Drogba sekaligus memaksakan digelarnya babak extra time.

Karena tak ada gol tambahan di babak perpanjangan waktu, adu penalti pun harus dilakukan. Di sinilah dewi fortuna lebih menaungi Chelsea

David Luiz, Frank Lampard, Ashley Cole, dan Drogba sukses memperdayai Neuer. Hanya Juan Mata yang tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, dari lima penendang Bayern, hanya Philipp Lahm, Mario Gomez, dan Neuer yang sukses. Ivica Olic dan Bastian Schweinsteiger gagal.

Ini adalah gelar Liga Champions pertama sepanjang sejarah Chelsea. Sebelumnya, pencapaian terbaik mereka adalah final tahun 2008.

Bagi Bayern, kekalahan ini membuat mereka tetap mengumpulkan empat gelar, yakni pada edisi 1974, 1975, 1976, dan 2001.

Jalannya pertandingan

Peluang bersih pertama didapat oleh Bayern lewat percobaan Toni Kroos pada menit kelima. Namun, tembakan Kroos dari luar kotak penalti masih melenceng tipis.

Usaha Mario Gomez pada menit ke-13 tak terlalu membahayakan gawang Chelsea. Sundulan Gomez meneruskan umpan silang Franck Ribery melambung di atas mistar.

Berselang delapan menit, Arjen Robben menjajal peruntungannya lewat tembakan dari dalam kotak penalti. Tapi, bola mengarah tepat ke Petr Cech dan mudah saja dihalau kiper Chelsea itu.

Robben mendapatkan kesempatan lagi pada menit ke-32. Namun, lagi-lagi tendangannya masih mudah ditangkap oleh Cech.

Peluang pertama untuk Chelsea tercipta dua menit kemudian melalui tendangan bebas Mata. Cuma menghasilkan tendangan gawang untuk Bayern karena tembakan Mata masih melambung.

Mueller nyaris saja memcahkan kebuntuan pada menit ke-36. Memanfaatkan umpan silang Diego Contento, Mueller melepaskan tendangan first time, tapi arah bola melenceng.

Manuel Neuer, yang di menit-menit sebelumnya banyak menganggur, mendapatkan ujian pertama dari Salomon Kalou. Bola hasil sepakan Kalou mampu dijinakkan Neuer dengan sangat baik.

Gomez menyia-nyiakan peluang yang didapatnya pada menit ke-42. Meski punya ruang tembak di dalam kotak penalti, dia gagal mengarahkan bola tepat ke sasaran dan sepakannya malah melambung tinggi.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Drogba hampir saja membawa Chelsea memimpin. Sial buat dia, tembakan volinya dari luar kotak penalti masih melebar.

Ribery sempat menjebol gawang Chelsea beberapa menit kemudian. Tapi, wasit Pedro Proenca menganulirnya karena si pemain lebih dulu terjebak offside.

Percobaan Ribery selanjutnya juga tak membuahkan gol. Tendangannya dari luar kotak penalti tak mengarah ke sasaran.

Pada menit ke-72, giliran Robben yang memperoleh peluang lewat tendangan kerasnya. Hasilnya? Bola bisa ditangkap dengan baik oleh Cech.

Kesalahan Neuer dalam menghalau bola nyaris membahayakan gawangnya. Namun, dia masih beruntung karena Drogba gagal memaksimalkan bola liar.

Gol yang ditunggu-tunggu Bayern akhirnya tercipta pada menit ke-82. Berawal dari umpan silang Contento, Mueller menanduk bola. Si kulit bundar memantul ke tanah sebelum akhirnya masuk gawang Chelsea.

Chelsea bisa menyamakan kedudukan semenit jelang berakhirnya waktu normal. Drogba dengan jitu menyundul sepak pojok Mata untuk menggetarkan gawang Bayern.

Memasuki menit ke-93, Bayern mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Drogba terhadap Ribery. Namun, penalti ini gagal dimaksimalkan oleh Robben karena tembakannya bisa dibaca oleh Cech.

Di sisa waktu, tak banyak lagi peluang tercipta. Hingga 120 menit, skor masih tetap 1-1 dan adu penalti pun harus dilakukan.

Chelsea tampil lebih baik di babak tos-tosan. David Luiz, Frank Lampard, Ashley Cole, dan Drogba sukses memperdayai Neuer. Hanya Mata yang tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, dari lima penendang Bayern, hanya Philipp Lahm, Mario Gomez, dan Neuer yang sukses. Ivica Olic dan Bastian Schweinsteiger gagal.

Chelsea Juara Liga Champions 2012.ref:detik.sport

Lewat Adu Penalti, Akhirnya Chelsea Jadi Juara Liga Champions 2012 was last modified: May 20th, 2012 by Agus Darmawan
tags: , , , ,