Juventus Juara Supercoppa Italia Setelah Tundukkan Lazio 4-0

Share/Bookmark

Sedangkan Chelsea unggul 2-0 atas Hull City di Liga Inggris

Juventus Juara Supercoppa ItaliaJuventus mengawali musim 2013/2014 dengan sangat baik. La Vecchia Signora tampil sebagai juara Supercoppa Italia atau Piala Super Italia setelah mengalahkan Lazio dengan skor meyakinkan 4-0.

Bermain di Stadion Olimpico, Senin (19/8/2013) dinihari WIB, Juve unggul 1-0 saat turun minum. Gol pertama tersebut tercipta atas nama Paul Pogba.

Memasuki babak kedua, Juve mencetak tiga gol tambahan. Tiga gol yang tercipta dalam waktu berdekatan itu dicetak oleh Giorgio Chiellini, Stephan Lichtsteiner, dan Carlos Tevez.

Bagi Juve, ini adalah titel Supercoppa Italia keenam yang mereka raih. Sebelumnya, Bianconeri juga berjaya pada tahun 1995, 1997, 2002, 2003, dan 2012.

Jalannya Pertandingan

Juventus lebih dulu mendapatkan peluang. Mereka mengancam pada menit ketiga lewat percobaan Mirko Vucinic, namun tembakan Vucinic dari dalam kotak penalti tak mengarah ke sasaran.

Usaha yang dilakukan Lucas Biglia pada menit ke-11 juga tak menghasilkan gol untuk Lazio. Tendangan gelandang asal Argentina itu masih melenceng.

Juve memecahkan kebuntuan pada menit ke-23. Dari sebuah situasi tendangan bebas, Andrea Pirlo memberikan bola kepada Lichtsteiner. Lichtsteiner lantas mengirim umpan silang ke mulut gawang. Sempat berubah arah karena mengenai pemain Lazio, bola kemudian mengarah ke Pogba. Dengan cepat membalikkan badan, nama terakhir melepaskan tembakan kaki kiri yang menjebol gawang Lazio.

Lazio punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-34. Stefan Radu yang menguasai bola di luar kotak penalti Juve melepas tembakan keras, tapi sepakannya bisa ditepis oleh Gianluigi Buffon.

Setelah itu, tak ada peluang berarti yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Saat turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Juve.

Juve mengawali babak kedua dengan baik. Mereka mencetak gol keduanya pada menit ke-52.

Gol tersebut tercipta lewat sebuah serangan balik cepat. Lichtsteiner yang membawa bola di sisi kanan melakukan penetrasi ke kotak penalti Lazio dan kemudian menyodorkannya kepada Chiellini. Tanpa kesulitan, Chiellini mendorong si kulit bundar ke dalam gawang.

Juve hanya membutuhkan waktu dua menit untuk unggul lebih jauh lagi. Lichtsteiner bermain umpan satu-dua dengan Vucinic sebelum dengan tenang menaklukkan kiper Federico Marchetti lewat tembakan pelan.

Bencana buat Lazio tak berhenti sampai situ saja. Gawang mereka jebol untuk keempat kalinya pada menit ke-56. Berawal dari tembakan Lichtsteiner yang ditepis Marchetti, Pogba menanduk bola liar. Marchetti bisa menyelamatkan gawangnya lagi, tapi bola lepas dari tangkapannya. Pogba kemudian memberikan bola kepada Tevez, yang menggetarkan gawang Lazio lewat tembakan kerasnya. Juve 4, Lazio 0.

Juve nyaris mencetak gol kelima pada menit ke-61. Aksi Lichtsteiner lagi-lagi membuat pertahanan Lazio kalang kabut. Dia mengirim umpan silang yang disambut oleh Tevez dengan tendangan voli. Tapi, bola melayang di atas mistar.

Lazio memiliki kesempatan memangkas ketertinggalannya sembilan menit kemudian. Umpan Antonio Candreva disambut Miroslav Klose dengan sundulan, tapi bola tak mengarah ke gawang.

Tak berselang lama, Lazio mengancam lagi lewat percobaan Ederson. Namun, tendangan jarak jauh Ederson masih melambung.

Klose melakukan aksi indivdu mengesankan pada menit ke-75 ketika mengecoh Leonardo Bonucci dan tinggal berhadapan dengan Buffon. Tapi, penyelesaiannya masih bisa dihalau Buffon.

Buffon kembali menunjukkan reaksi yang prima ketika gawangnya terancam lagi. Dia menangkap dengan sempurna bola tembakan Ederson dari dalam kotak penalti.

Hingga pertandingan selesai, kedua tim tak mencetak gol tambahan. Juve menang dengan skor 4-0.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli (Caceres 76′), Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Ogbonna 82′), Vidal, Pirlo, Marchisio (Pogba 21′), Asamoah; Tevez, Vucinic

Lazio: Marchetti; Cavanda, Biava, Dias, Radu (Ederson 58′); Biglia, Ledesma (Floccari 58′); Candreva, Hernanes (Onazi 70′), Lulic; Klose

*********

Manajer Chelsea Jose Mourinho akhirnya mendapat kesempatan untuk comeback ke Liga Primer dalam laga kandang kontra Hull City. Di Stamford Bridge, The Blues unggul dua gol dengan Oscar dan Frank Lampard sebagai pencetak golnya.

Babak Pertama
Chelsea langsung menunjukkan taringnya di menit awal. Di tengah-tengah fans yang mengumandangkan nama Jose Mourinho, The Blues membangun serangan melalui Hazard, Oscar, De Bruyne. Berturut-turut mereka melakukan ancaman ke gawang Hull City, namun belum membuahkan hasil.

Tim tuan rumah mendapat kesempatan emas di menit ke-6. Allan McGregor melanggar Torres di kotak penalti dan Chelsea pun mendapat hadiah penalti. Sayang, tendangan Frank Lampard yang menjadi eksekutor masih bisa diamankan oleh McGregor.

Terus melakukan serangan beruntun, Chelsea akhirnya sukses membobol gawang Hull melalui Oscar. Memanfaatkan kelengahan lini belakang Hull, Oscar menyambut assist De Bruyne dan menceploskan bola ke gawang McGregor. Chelsea pun memimpin satu angka.

Menit ke-25, Lampard mendapat kesempatan menebus kegagalannya tadi. Melalui tendangan bebas, gelandang kawakan itu melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang yang gagal diantisipasi McGregor. Belum genap setengah jam, Chelsea unggul 2-0.

Dominasi Chelsea terus berlanjut, belasan kali tendangan ke gawang Hull hanya beberapa kali dibalas oleh tim tamu melalui serangan balik. Chelsea pun mulai mengendurkan serangan di akhir babak pertama. Sementara itu, Hull masih belum bisa membahayakan gawang Chelsea.

Menjelang turun minum, McGregor melakukan penyelamatan gemilang. Aksi bagusnya berhasil menggagalkan sundulan keras Ivanovic. Dan usai itu wasit meniup peluit tanda babak pertama telah usai.

Babak Kedua
Chelsea bermain dengan tempo lambat di babak kedua. Dengan keunggulan dua gol, mereka juga tidak lagi ngotot menyerang meski masih menghasilkan beberapa peluang. Oscar misalnya, gelandang Brasil ini meliuk melewati dua pemain sebelum akhirnya melepas sepakan keras. Sayang, bola masih melebar.

Babak kedua memang cenderung monoton, kurang determinasi dari dua tim, tak seperti babak pertama. Chelsea kerap kali memutar-mutar bola di tengah lapangan, sementara Hull City cukup kesulitan menembus pertahanan Chelsea.

Sebenarnya Hull mulai menekan di babak ini, namun usaha mereka dengan melalui bola sayap dan umpan lambung masih bisa diantisipasi dengan mudah oleh Cech dkk. Menit ke-74, serangan cepat Hull dari sayap berujung umpan ke Sagbo. Namun, sundulannya masih bisa diamankan Cech dengan mudah.

Menjelang laga berakhir, permainan masih berlanjut dengan lambat. Mourinho pun tampak menunggu kemenangan dengan tenang dan sikapnya itu memang sesuai dengan kenyataan. Hingga akhir laga, Chelsea memimpin 2-0 dan debut manajer asal Portugis itu berjalan mulus.

SUSUNAN PEMAIN
Chelsea: Cech, Cole, Cahill, Terry Ivanovic, Ramires, Lampard, De Bruyne, Oscar, Hazard, Torres
Subs: Schwarzer, Essien, Van Ginkel, Schurrle, Mata, Ba, Lukaku

Hull City: McGregor, Figueroa, Elmohamady, Chester, Davies, Meyler, Koren, Brady, Aluko, Sagbo, Graham Subs: Harper, Rosenior, Bruce, Huddlestone, Livermore, McShane, Boyd

Sedangkan Chelsea unggul 2-0 atas Hull City di Liga Inggris. ref:detikSport

Juventus Juara Supercoppa Italia Setelah Tundukkan Lazio 4-0 was last modified: August 19th, 2013 by Agus Darmawan
Terms : susunan acara penutupan turnamen futsal
tags: , , , ,