Jelang Pertandingan Barcelona vs Celtic Liga Champions

Share/Bookmark

Persiapan Barca dan Celtic di Liga Champions 24 Oktober

jelang Barcelona vs CelticNeil Lennon tahu bahwa Camp Nou adalah tempat yang sulit untuk mendapatkan kemenangan. Namun, bukan berarti timnya kehilangan optimisme dan bakal membiarkan Barcelona melumat mereka begitu saja.

Celtic mengawali perjalanan mereka di fase grup Liga Champions dengan catatan satu hasil imbang dan satu kemenangan. Setelah ditahan tanpa gol di kandang sendiri oleh Benfica, mereka menang 3-2 di kandang Spartak Moskow tiga pekan silam.

Barca, yang dalam beberapa musim terakhir adalah monster di Eropa, berada pada level yang lebih tinggi dari Benfica dan Spartak. Tapi, Lennon tahu, hasil dalam sepakbola tidak terpatok pada level suatu klub.

“Saya mengatakan kami akan pergi ke sana hanya untuk dilumat,” ucap manajer berusia 41 tahun ini seperti dilansir Reuters.

“Kami akan mencoba untuk mendapatkan sesuatu dari pertandingan itu. Namun, kami tahu bagaimana sulitnya mendapatkan itu.”

“Mereka bisa menekan Anda untuk waktu yang sangat lama. Tapi, saya ingin kami melakukan sesuatu di area depan kami dan menciptakan peluang-peluang.”

Barca sendiri tidak terkalahkan dalam 17 laga kandang terakhir di Liga Champions. Mereka sukses memenangi 14 pertandingan di antaranya. Masalah bagi mereka saat ini adalah tak adanya bek tengah murni untuk melapis absennya Carles Puyol dan Gerard Pique.

Tapi, cedera juga mendatangi kubu Celtic. Mereka akan tampil tanpa diperkuat gelandang Kris Commons yang tengah cedera hamstring dan Lassad Nouioui –yang disebut Lennon kenal gaya Barca karena pernah bermain di Deportivo La Coruna– yang tengah cedera pangkal paha.

***********

Sejauh ini baru Manchester United dan Real Madrid yang sudah mencatatkan setidaknya 100 kemenangan di era Liga Champions. Barcelona punya peluang bergabung dengan keduanya pada tengah pekan.

Sejak format Liga Champions mulai digunakan pada tahun 1992 silam, MU telah mengemas 100 kemenangan di dalam 184 kali bermain di dalam pertandingan. Sementara itu Madrid malah sudah membukukan kemenangan lebih banyak, 101 kemenangan, dari 177 kali melakoni pertandingan. Baru MU dan Madrid yang bisa mencatatkan 100 kemenangan di format Liga Champions yang digunakan saat ini.

Selain keduanya, Barca menjadi yang paling berpeluang untuk bergabung dengan “Grup 100 Kemenangan Liga Champions” tersebut karena telah memiliki 99 kemenangan sejauh ini. Barca akan berusaha melakukannya saat menjamu Celtic di laga matchday 3 tengah pekan ini, Rabu (24/10/2012) dinihari WIB.

Di luar ketiga klub itu, tim lain yang paling mendekati catatan 100 kemenangan berjarak cukup jauh, yakni Bayern Munich dengan torehan 82 kemenangan, diikuti AC Milan dengan 70 kemenangan.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan yang akan dihelat di Camp Nou itu seperti diwartakan Reuters.

BARCELONA v CELTIC
Rekor Pertemuan
Berhadapan: 8
Hasil: Barcelona 4 kali menang, Celtic 1 kali menang, 3 imbang

* Jika Barcelona menang mereka akan menjadi tim ketiga setelah Real Madrid dan Manchester United, yang bisa mengoleksi 100 kemenangan di Liga Champions.

* Pemain andalan Barca Lionel Messi tengah subur-suburnya, dengan membuat 16 gol di dalam 12 laga Liga Champions.

* Kemenangan 3-2 Celtic di kandang Spartak Moskow pada matchday 2 lalu merupakan kemenangan tandang pertama buat mereka di Liga Champions, dalam 21 kali percobaan. Sebelum itu mereka memiliki catatan 19 kekalahan dari 20 laga tandang, dan cuma seri satu kali–uniknya itu terjadi melawan Barca yang tengah pekan ini juga akan kembali dikunjungi.

* Celtic, yang tak terkalahkan di dalam tujuh laga terakhirnya di Eropa, memiliki rekor buruk atas tim-tim Spanyol dengan tujuh kekalahan di dalam sembilan laga terakhirnya, dan cuma bisa mengemas satu kemenangan.

Persiapan Barca dan Celtic di Liga Champions 24 Oktober. ref:detikSport

Jelang Pertandingan Barcelona vs Celtic Liga Champions was last modified: October 22nd, 2012 by Agus Darmawan
Terms : status kemenangan
tags: , , ,