Jelang Laga Piala Eropa 2012 Penentuan Perancis dan Portugal

Share/Bookmark

Kualifikasi Piala Eropa 2012 akan memasuki babak terakhirnya. Partai-partai terakhir fase grup kualifikasi Piala Eropa akan dilakukan secara serempak pada hari Selasa (11/10/2011) besok waktu setempat.

Negara dengan tim kuat seperti Jerman, Italia, Inggris, Spanyol dan Belanda, laga terakhir nanti hanya jadi pertaruhan gengsi karena kesemuanya sudah dipastikan lolos langsung tanpa pernah kalah satu kali pun. Kelimanya bergabung dengn tuan rumah Ukraina dan Polandia di putaran final Piala Eropa 2012.Reuters mencatat, dari total 27 dari 44 tim yang akan beraksi nanti sebenarnya juga hanya akan berlaga demi harga diri dan sembilan dari 22 pertandingan yang akan dihelat secara efektif sudah tidak berpengaruh lagi hasilnya.

Namun setidaknya masih ada dua tim bernama besar yang masih harus berjuang mati-matian di laga nanti untuk mengamankan tempat di Ukraina dan Polandia tahun depan, yakni Prancis dan Portugal.

Prancis, yang berada di Grup D, akan menjamu Bosnia di Stade de France. Kemenangan atau hasil imbang akan bikin Prancis si juara Piala Eropa 2000 lolos sebagai juara grup. Sebaliknya jika Bosnia memetik kemenangan, merekalah yang akan melaju dan membuat Prancis mesti melakoni laga playoff bulan depan. Les Bleus sedikit di atas angin. Selain karena main di kandang, tim besutan Laurent Blanc itu juga punya modal positif lawan Bosnia karena sudah memetik kemenangan tandang 2-0 atas lawannya tersebut September tahun lalu.

Partai tak kalah sengit tersaji di Grup H saat Portugal melawat ke Parken Stadium markas Denmark. Saat ini keduanya sama-sama mengoleksi poin 16 untuk duduk di dua tangga teratas grup tersebut.

Portugal memang hanya butuh hasil imbang atas Denmark untuk lolos sebagai juara grup karena unggul head to head dari lawannya itu setelah menang 3-1 di pertemuan pertama.

Akan tetapi, Portugal masih harus ketar-ketir karena belum bisa memastikan tempat kedua alias fase playoff, yang mana hal itu sudah dikunci Denmark. Artinya jika Portugal kalah dari Denmark, ada kans Cristiano Ronaldo cs bisa disingkirkan Norwegia, yang akan menghadapi Siprus, untuk mendapat tiket playoff sekalipun.

Tak mau berpusing-pusing ria, Pelatih Portugal Paulo Bento pun menegaskan kalau timnya akan membidik tiga poin demi mengamankan jalan.

Jelang Laga Piala Eropa 2012 Penentuan Perancis dan Portugal was last modified: October 10th, 2011 by Dian Novita