Jelang Laga Barcelona vs Guangzhou Evergrande

Share/Bookmark

Empat gelar sudah didapat oleh Barca sepanjang tahun 2015, Dari La Liga, Copa Del Rey, Liga Champions dan Piala Super Eropa. Trofi kelima sudah menanti Barca dipenghujung tahun 2015 ini. Syaratnya, Barca harus mampu menjadi juara diajang Piala Dunia Antarklub 2015 yang dilaksanakan di Jepang. Kesempatan untuk lolos terbuka lebar untuk Barca. Dikarenakan Barca hanya menghadapi wakil dari Asia, yaitu tim Guangzhou Evergrande disemifinal besok petang.

Meski Barca diunggulkan, Luis Enrique dan anak asuhnya tidak mau sombong. Sikap tidak memandang rendah lawan itu diutarakan oleh gelandang Sergio Busquets. Menurutnya juara Liga Champion Asia itu menyulitkan kawan-kawannya. Apalagi, sekarang Luiz Felipe yang melatih Guangzhou sekarang diperkuat dua mantan pemain terbaik eropa. Yaitu Robinho dan Paulinho. Terutama mantan pemain Real Madrid Robinho.

“Ini adalah kompetisi yang sangat penting dan pasti sangat sulit untuk memenangkannya. Tim yang menghadapinya harus menjadi juara Liga Champion terlebih dahulu,” ujar gelandang Barca terrsebut.

Keyakinan yang serupa juga disampaikan oleh Enrique. Dia mengatakan tidak akan melakukan blunder seperti yang sudah dilakukan saat melawan Deportivo La Coruna. Dia mengangkat tangannya (tanda pergantian pemain) disaat Barca sudah unggul 2-0, dan menganti Ivan Rakitic dan Jordi Alba dengan Sergi Roberto dan Jeremy Matieu.

Sayangnya ,Barca tidak bisa menurunkan salah satu pemain terbaiknya. Dikarenakan Neymar yang cidera di pangkal paha saat melawan Leverkusen di Liga Champions.

Namun Jordi Alba mengatakan, tanpa Neymar Barca siap menhadapi tim manapun.”kami tahu betapa berharganya Neymar . kami tahu diantara ketiga penyerang Barca dia yang terbaik,”ujar Jordi Alba.

Sementara di tim Guangzhou sudah mempunyai strategi untuk menjinakkan Barca. “Meraka tim yang sangat kuat. namun kami sudah mempelajari permainan mereka,”ucap Scolari di situs resmi FIFA.”Guangzhou akan membalikkan semua prediksi. kami tahu mereka tim yang sangat kuat dalam penguasaan bola,” ucap mantan pelatih timnas Brasil itu.

Luiz Filipe Scolari akan menerapkan strategi parkir bus atau bertahan total, seperti kebanyakan tim yang menjadi lawan Barca. Dia juga mengatakan itulah salah satu strategi  yang ampuh untuk membendung permainan Barca.

“Tim  kami akan melakukan segala cara untuk menjinakkan Messi dkk,” ujar pelatih yang berusia 67 tahun ini. Sejak Felipao melatih klub raksasa Tiongkat tersebut, Guangzhou mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tim tersebut belum pernah terkalahkan selama 28 kali dalam laga terakhir.

“Kami sadar kalau tim kami belum sepadan dibandingkan dengan tim sebesar Barcelona. Tapi kami mempunyai keinginan untuk mengalahkan Barcelona,” ucap Felipao.

Pria yang pernah mengantarkan Brazil menjadi juara dunia tahun 2002 tersebut dikenal dengan pelatih dengan gaya pragmatis.Dia mengatakan sangat lega dengan absennya Neymar dalam laga besok, sebab dia adalah salah satu yang terbaik diantara trio barcelona.”saya ikut sedih dengan apa yang terjadi dengan Neymar. Dia pemain yang sangat luar biasa, saya sudah lama tidak bertemu dengan Neymar,” tutur Felipao.” saya juga senang jika tidak dianggap tim unggulan,” tambahnya.

Berikut profil kedua tim:

Barcelona

Gelar yang diperoleh  ditahun ini:

Juara Liga Champions 2015, La Liga, Copa Del Rey, Piala Super Eropa.

Daftar pamain:

Kiper: Marc-Andre Ter Stegen, Cludio Bravo, Jordi Masip

Pemain belakang: Douglas, Gerard pique, Dani Alves, Javier Mascherano, Marcherano, Marc Bartra, Jordi Alba, Andriano, Thomas Vermaelen, Jeremy Matthieu.

Pemain tengah: Ivan Rakitic, S. Busquets, Andres Iniesta, Sergi Roberto, Sergi Samper, Gerard Gumbau.

Pemain depan: Luis Suarez, Lionel Messi, Neymar, Munir El-Hadaddi, sandro Ramirez.

Pelatih: Luis Enrique.

Guangzhou Evergrande

Gelar yang diperoleh ditahun ini:

Juara Liga Champion AFC 2015

Daftar pemain:

kiper: Jingqi Fang, Cheng Zeng, Shuai Li.

Permain belakang: Fang Mei, Linpeng Zhang, Xiaoting Feng, Jian Liu, Zheng Zuo, Kim Young-Won, Haong Rong, Xuepeng Li.

Pemain tengah: Paulinho, Zhi Zheng, Shangyuan Wang, Bowen Huang, Xuri Xhao, Zheng Long.

Pemain depan: Alan, Elkeson, Goulart, Hanchao Yu, Gao Lin, Robinho.

Pelatih: Luiz Felipe Scolari.

Jelang Laga Barcelona vs Guangzhou Evergrande was last modified: December 16th, 2015 by Agus Darmawan
tags: