Jelang Drawing Semi Final Liga Champions 2013

Share/Bookmark

Untuk pertama dalam sejarah dua tim asal Spanyol vs dua tim Jerman bertemu di semi-final

Liga Champions 2013Empat tim sudah memastikan tempat di semifinal Liga Champions. Situasi dipastikan akan mulai memanas hari ini ketika drawing babak semifinal dilangsungkan di markas UEFA, Nyon, Swiss, Jumat 12 April 2013.

Untuk kali pertama dalam sejarah Liga Champions, ada dua tim asal Spanyol dan dua tim asal Jerman lolos ke babak semifinal. Real Madrid dan Barcelona mewakili Spanyol, sedangkan Jerman diwakili Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Madrid meraih kemenangan agregat 5-3 atas Galatasaray, Barcelona lolos dari rintangan Paris Saint-Germain (3-3), Munich secara meyakinkan menyingkirkan jawara Italia Juventus (4-0), sedangkan Dortmund lolos dramatis setelah mengalahkan Malaga (3-2).

Fakta-fakta Penting

Bagi Barcelona, ini adalah keberhasilan Azulgrana lolos ke semifinal Liga Champions untuk enam kali beruntun. Catatan itu yang terpanjang dalam sejarah Liga Champions. Barcelona juga lolos ke semifinal kompetisi Eropa untuk kali ke-29, menyamai rekor Madrid.

Untuk kali pertama dalam sejarah Liga Champions, ada dua tim asal Jerman yang melangkah ke semifinal secara bersamaan. Sementara itu, Dortmund menjadi tim ketiga yang mampu mencetak dua gol di fase knock-out pada menit ke-90 atau injury time. Sebelumnya ada Manchester United (final 1999) dan Munich (perempat final 2005).

Sukses Madrid melangkah ke semifinal menjadi rekor tersendiri bagi Jose Mourinho. The Special One menyamai rekor manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang mampu melangkah ke semifinal Liga Champions sebanyak tujuh kali.

Madrid juga untuk kali pertama memasang 10 pemain asing di starting 11 pada laga Liga Champions. Kiper Diego Lopez menjadi satu-satunya pemain asal Spanyol yang menjadi starter Madrid ketika melawan Galatasaray di Istanbul. Rekor sebelumnya adalah 8 pemain asing.

Aturan Main Drawing

Berbeda dengan di babak perempat final, tim dari satu negara bisa saling bertemu di babak semifinal. Dengan demikian, El Clasico antara Madrid melawan Barcelona, serta Munich melawan Dortmund bisa terjadi di babak semifinal.

Semifinal leg 1 akan berlangsung 23-24 April 2013, sedangkan leg 2 pada 30 April dan 1 Mei 2013. Pada drawing hari ini juga ditentukan siapa yang akan menjadi tim tuan rumah pada final di Stadion Wembley, London, 25 Mei 2013.

Mantan bomber Manchester United dan Real Madrid, Ruud van Nistelrooy, akan mendapat kehormatan untuk melakukan drawing. Van Nistelrooy akan didampingi Sekjen UEFA, Gianni Infantino, serta Direktur Kompetisi UEFA, Giorgio Marchetti.

Kapten Munich, Philipp Lahm, menjadikan Barcelona sebagai lawan yang paling dihindari Die Roten di semifinal. “Tim-tim yang sampai ke semifinal merupakan tim papan atas. Meskipun saya bisa bilang Barcelona adalah favorit. Tapi, tim-tim lain juga tak jauh berbeda dengan mereka,” ujar Lahm.

Sementara itu, bek Barcelona, Gerard Pique, menegaskan timnya tidak gentar menghadapi siapapun di babak empat besar. Baik Madrid, Munich dan Dortmund, memiliki kekuatan yang sama di mata Pique.

“Saya tidak peduli siapa yang menjadi lawan kami selanjutnya, yang paling penting adalah ambil bagian di babak itu. Tim Jerman sangat kuat, dan Madrid merupakan salah satu tim terbaik dalam sejarah,” tegas Pique.

Rekor Pertemuan

Keempat tim di semifinal sudah pernah saling bertemu di pentas Liga Champions sebelumnya. Berdasarkan situs resmi UEFA, Barcelona sudah enam kali bertemu melawan Munich di kompetisi Eropa. Rekor Blaugrana melawan Munich tidaklah bagus, dengan menelan tiga kekalahan dan hanya satu kali menang.

Madrid akan menjadi lawan yang paling dihindari Barcelona. Pasalnya, Azulgrana memiliki rekor yang kurang bagus jika melawan Los Blancos di pentas Eropa. Dari delapan pertemuan, Barcelona hanya meraih dua kemenangan dan menelan tiga kekalahan.

Sedangkan Madrid, memiliki rekor buruk jika melawan Munich. Dari 20 pertemuan melawan wakil asal Jerman itu, El Real menelan 11 kekalahan dan hanya mampu menang tujuh kali.

Berikut ini rekor pertemuan antara empat tim di semifinal:

Barcelona :

  • Vs Bayern: Menang 1, Imbang 2, Kalah 3, Memasukkan 9 gol, Kemasukan 8 gol
  • Vs Dortmund: Menang 1, Imbang 1, Kalah 0, Memasukkan 3 gol, Kemasukan 1 gol
  • Vs Real Madrid: Menang 2, Imbang 3, Kalah 3, Memasukkan 10 gol, Kemasukan 13 gol

Borussia Dortmund :

  • Vs Barcelona Menang 0, Imbang 1, Kalah 1, Memasukkan 1 gol, Kemasukan 3 gol
  • Vs Bayern Menang 1, Imbang 1, Kalah 0, Memasukkan 1 gol, Kemasukan 0 gol
  • Vs Real Madrid Menang 1, Imbang 3, Kalah 2, Memasukkan 6 gol, Kemasukan 8 gol

Bayern Munich :

  • Vs Barcelona Menang 3, Imbang 2, Kalah 1, Memasukkan 8 gol, Kemasukan 9 gol
  • Vs Dortmund Menang 0, Imbang 1, Kalah 1, Memasukkan 0 gol, Kemasukan 1 gol
  • Vs Real Madrid Menang 11, Imbang 2, Kalah 7, Memasukkan 33 gol, Kemasukan 26 gol

Real Madrid :

  • Vs Barcelona Menang 3, Imbang 3, Kalah 2, Memasukkan 13 gol, Kemasukan 10 gol
  • Vs Bayern Menang 7, Imbang 2, Kalah 11, Memasukkan 26 gol, Kemasukan 33 gol
  • Vs Dortmund Menang 2, Imbang 3, Kalah 1, Memasukkan 8 gol, Kemasukan 6 gol (one)

Untuk pertama dalam sejarah dua tim asal Spanyol vs dua tim Jerman bertemu di semi-final. ref:detikSport