Indonesia Libas Laos 4-0

Share/Bookmark

Hasil Kualifikasi Piala Asia U-19 antara Indonesia vs Laos

Indonesia vs LaosIndonesia menang telak 4-0 atas Laos, yang mengakhiri pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 2014 di Grup G itu dengan sembilan pemain.

Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (8/10/2013) malam WIB, Indonesia mencetak gol-golnya melalui Muchlis Hadi (dua gol), disusul kemudian Paulo Sitanggang dan Evan Dimas.

Laos sendiri harus menerima dua kartu merah di laga ini. Yang pertama diberikan wasit untuk Phithack Kongma Thilath di menit ke-54, ketika sedang tertinggal 0-2. Di menit ke-80 giliran Xouxana Sihalath menerima kartu kuning kedua. Keunggulan jumlah pemain itu membuat Indonesia sukses membuat dua gol tambahan.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung menekan sejak kick-off. Setelah sepuluh menit pertandingan berjalan, Indonesia akhirnya mencetak gol pembuka keunggulan.

Gol itu diawali oleh pelanggaran yang dilakukan kiper Laos, Bounpaseuth Niphavong, di luar kotak penalti timnya. Indonesia pun mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Laos.

Tendangan yang dieksekusi oleh Evan Dimas lantas disambut dengan sundulan oleh Mukhlis Hadi, yang tidak terkawal, di tiang jauh. Sundulan Muchlis masuk dan Niphavong tidak bergerak sama sekali. 1-0 untuk Indonesia.

Empat menit berselang, Laos balas menekan. Mereka mendapatkan sebuah peluang di daerah pertahanan Indonesia, namun tendangan pemain mereka membentur tiang.

Di menit ke-19 Indonesia menciptakan peluang lewat Hansamu Yama Pranata memanfaatkan tendangan pojok Evan Dimas. Tetapi si kulit bundar masih bisa diamankan kiper Bounpaseuth Niphavong.

Hansamu Yama Pranata kembali bisa menanduk bola tanpa terkawal di depan gawang Laos saat pertandingan memasuki menit ke-35. Kali ini bola hasil sundulannya melambung tinggi di atas bidang sasaran.

Empat menit memasuki babak kedua, Indonesia melancarkan serangan cepat dari sisi kiri melalui Muchlis Hadi. Ia lalu melepaskan tembakan walau bola masih bisa dihalau kiper.

Semenit setelah itu Muchlis Hadi sukses mencetak gol keduanya di dalam pertandingan. Menerima umpan dari Evan Dimas, Muchlis Hadi yang lolos dari jebakan offside langsung melambungkan bola di atas kiper yang sudah maju mencoba menutup ruang.

Tak lama berselang Maldini Pali menekan dari sisi kanan. Lajunya dipotong kiper Bounpaseuth Niphavong yang sukses mengamankan bola walau kemudian harus mengalami cedera ringan.

Di menit ke-54 Laos mesti bermain minus satu pemain usai Phithack Kongma Thilath diganjar kartu merah. Usai melanggar Mahdi Fahri, Phithack juga terlihat menginjak bagian belakang tubuh pemain pengganti Indonesia tersebut.

Dari sisi kiri, Ilham Udin Armaiyn melakukan penetrasi ke pertahanan Laos di menit ke-69. Ia berusaha mencari celah untuk mengirim bola, meski pemain belakang Laos lantas bisa membuang si kulit bundar untuk menghasilkan sepak pojok. Dari tendangan penjuru Hansamu Yamu menyambut bola kendatipun arahnya masih melambung dari bidang sasaran.

Ilham Udin kembali mencatatkan peluang di menit ke-74, tetapi bola sepakannya masih bisa dikandaskan kiper Laos. Semenit berselang Ilham Udin berhasil meneruskan umpan silang dari kanan dengan sundulan, walaupun lagi-lagi si kulit bundar masih bisa dihalau Bounpaseuth Niphavong.

Laos harus bermain dengan sembilan pemaian di menit ke-80. Xouxana Sihalath menerima kartu kuning kedua, yang menjadi kartu merah, akibat mengambil tendangan bebas sebelum wasit memberikan instruksi untuk melakukannya.

Indonesia akhirnya mencetak gol ketiga di menit ke-85. Dari serangan cepat, Maldini Pali yang menerima bola di sisi kanan memberikan bola ke Paulo Sitanggang di tengah. Usai mendapatkan ruang tembak, Paulo Sitanggang dengan mulus mengirim bola ke dalam gawang Laos. Indonesia unggul 3-0.

Beberapa saat setelah itu Ilham Udin menerima bola umpan terobosan di sisi kanan arah gawang. Berada dalam posisi bagus, ia pun melepaskan tembakan yang lagi-lagi dikandaskan oleh kiper Bounpaseuth Niphavong yang tak lama setelah itu tampak tergeletak di depan gawangnya.

Evan Dimas membuat Indonesia memimpin empat gol tanpa balas di menit ke-89. Sebuah kesalahan dari lini belakang Laos membuat si kulit bundar malah bisa dikuasai Evan Dimas yang setelah itu melepaskan tembakan jitu ke sudut bawah gawang Laos.

Di pertandingan lain Grup G yang dilangsungkan sebelumnya, Korea Selatan juga menang 4-0 atas Filipina. Gol kemenangan Korsel dibuat oleh Park Inhyeok dan trigol Hwang Hee Chan. Hasil itu membuat Indonesia dan Korsel kini bersaing ketat di pucuk klasemen Grup G dengan 3 poin dan selisih gol sama persis.

Cuma juara grup yang berhak lolos langsung ke putaran final tahun depan–sembilan tim. Enam tiket sisa akan diperebutkan oleh para runner-up terbaik. ref:detikSport

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Indonesia Libas Laos 4-0 was last modified: October 9th, 2013 by Agus Darmawan
Terms : indonesia vs real madrid, asibokie, Pemain bola tertinggi di indonesia, pemain bola indonesia tertinggi, pemain bola tertinggi indonesia, real madrid vs indonesia, pemain indonesia tertinggi, prediksi indonesia vs uzbekistan, pemain tertinggi di indonesia, pemain timnas indonesia tertinggi
tags: , ,