Hasil Pertandingan Uruguay vs Italia Piala Konfederasi 30 Juni 2013

Share/Bookmark

Italia rebut tempat ke-3 setelah kalahkan Uruguay lewat adu penalti

Italia rebut tempat ke-3 setelah kalahkan Uruguay lewat adu penalti

Italia berhasil mengamankan peringkat ketiga saat berlaga di Piala Konfederasi 2013. Berkat perfoma apik Gianluigi Buffon, Gli Azzuri menang 3-2 di babak adu tendangan penalti.

Pada laga yang berlangsung di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (1/7/2013) dinihari WIB, Italia unggul 1-0 di babak pertama. Gol pertama tim besutan Cesare Prandelli itu dilesakan oleh Davide Astori.

Uruguay menyamakan 1-1 lewat Edinson Cavani di menit 58, lalu Italia kembali unggul 2-1 berkat gol Alessandro Diamanti.

Cavani memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan hingga akhirnya ke babak adu penalti dengan golnya di menit 78.

Di babak adu penalti, Gianluigi Buffon tampil gemilang. Dia menggagalkan tiga tendangan penalti Uruguay hingga akhirnya membawa Italia menang dengan total skor 5-4.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama Italia hadir pada menit kedelapan. Memanfaatkan sepakan bebas dari sisi kiri pertahanan Uruguay, sundulan Giorgio Chiellini masih melebar di sisi kiri gawang yang dikawal Fernando Muslera.

Diego Forlan mengancam gawang Italia lewat satu free kick tepat di sekitar kotak penalti dua menit kemudian. Sial, sepakan mendatarnya masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Gianluigi Buffon.

Italia kembali mempunyai peluang di menit 15. Belum optimal, sepakan Antonio Candreva dari dalam kotak penalti meneruskan umpan dari sayap kiri masih mengarah ke arah Muslera.

Candreva kembali melakukan percobaan di menit 20. Tak maksimal, sepakannya dari luar kotak penalti masih melesat di atas mistar.

Italia mencetak gol pada menit ke-24. Gol itu berawal dari sepakan bebas dari Diamanti yang menerpa tiang lalu sempat membentur Muslera.

Astori yang berdiri di muka gawang dengan mudah menceploskan bola masuk ke dalam gawang. Italia pun unggul 1-0.

Forlan mencoba peruntungan dengan melepaskan sepakan jarak jauh di menit 30. Tapi, bola tendangannya itu masih melebar.

Cavani berhasil mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan umpan tendangan bebas Forlan di menit 32. Tapi, dia dinyatakan offside.

Stephan El Shaarawy mengancam gawang Uruguay menit 31. Namun, sepakan kerasnya masih bisa diantisipasi oleh Muslera.

Sepakan jarak jauh Forlan di menit 36 juga masih belum membuahkan hasil. Buffon dengan mudah menangkap upaya Forlan itu.

Buffon kembali tampil sigap semenit kemudian. Dia menepis tendangan Maxi Pereira dari dalam kotak penalti.

Di sisa babak pertama, tidak ada lagi gol tambahan tercipta. Italia unggl 1-0 saat turun minum.

Cavani membawa Uruguay menyamakan kedudukan saat pertandingan berjalan 58 menit. Meneruskan umpan Walter Gargao, sepakan kaki kanan Cavani bersarang di pojok kiri bawah gawang yang dikawal oleh Buffon.

Buffon melakukan dua penyelamatan gemilang di menit 67. Dia menepis tendangan keras Forlan dari jarak dekat.

Diamanti membawa Italia kembali unggul di menit 73. Sepakan bebas melengkungnya tak mampu ditepis oleh Muslera.

Uruguay kembali menyamakan kedudukan seimbang empat menit berselang. Cavani mencetak gol lewat sepakan bebas yang menghujam keras ke gawang yang dikawal Buffon.

Tak ada gol tambahan hingga 90 menit waktu normal habis, laga pun harus dilanjutkan hingga babak tambahan.

Baik Italia maupun Uruguay, tak menciptakan banyak peluang di 15 menit pertama waktu tambahan. Skor masih sama kuat 2-2.

Candreva melepaskan sepakan spekulasi di menit 109. Tapi, masih melebar dari gawang Uruguay.

Pada menit 110, Italia harus bermain dengan 10 orang setelah Riccardo Montolivo mendapatkan kartu kuning kedua.

Uruguay sendiri bukannya tanpa peluang, mereka beberapa kali mengancam lewat Cavani dan juga Suarez, namun belum juga membuahkan hasil. Hingga waktu tambahan selesai tak ada gol tambahan, pertandingan pun harus diteruskan ke babak tos-tosan.

Forlan eksekutor pertama Uruguay gagal melaksanakan tugasnya, sementara di kubu Italia, Aquilani sukses menjaringkan bola dengan sempurna.

Cavani membuat kedudukan kembali imbang 1-1. Tapi, El Shaarawy kembali membuat Italia unggul 2-1.

Penendang ketiga Uruguay, Suarez menyamakan kedudukan menjadi 2-2, lantas Mattia De Sciglio gagal menyarangkan bola.

Martin Caceres gagal membawa Uruguay berbalik unggu setelah sepakannya ditangkap Buffon. Emanuele Giaccherini kembali membawa Italia 3-2 unggul usai dia melakukan tugasnya dengan sempurna.

Buffon membawa Italia memastikan tempat ketiga setelah menggagalkan eksekusi Walter Gargano.

Susunan Pemain:

Uruguay: Fernando Muslera, Diego Lugano, Diego Godin, Maxi Pereira (Alvaro Pereira 81), Martin Caceres, Walter Gargano, Cristian Rodriguez (Alvaro Gonzalez 56), Egidio Arevalo (Diego Perez 107), Luis Suarez, Diego Forlan, Edinson Cavani

Italia: Gianluigi Buffon, Christian Maggio, Giorgio Chiellini, Davide Astori (Leonardo Bonucci 96), Mattia De Sciglio, Antonio Candreva, Alberto Gilardino, Daniele De Rossi (Alberto Aquilani 70), Riccardo Montolivo, Alessandro Diamanti (Emanuele Giaccherini 83), Stephan El Shaarawy

Italia rebut tempat ke-3 setelah kalahkan Uruguay lewat adu penalti. ref:detikSport

Hasil Pertandingan Uruguay vs Italia Piala Konfederasi 30 Juni 2013 was last modified: July 1st, 2013 by Agus Darmawan
Terms : hasil bola tadi malam piala konfederasi
tags: , , , ,