Hasil Pertandingan Real Madrid vs Borussia Dortmund Liga Champions 1 Mei 2013

Share/Bookmark

Madrid hanya unggul 2-0 maka Dortmund yang lolos ke final

Pertandingan Real Madrid vs Borussia DortmundInilah hasil ringkasan pertandingan Liga Champions dini hari tadi yang menegangkan antara Real Madrid vs Borussia Dortmund. Yang pada akhirnya Dortmund berhasil lolos ke final walau dikalahkan Real Madrid.

Dua gol telat memberi Real Madrid kemenangan 2-0 saat menjamu Borusia Dortmund di leg kedua semifinal Liga Champions. Namun hasil tersebut tak cukup buat El Real karena Dortmund masih unggul agregat dan berhak lolos ke final.

Di Santiago Bernabeu, Rabu (1/5/2013) dinihari WIB, Madrid mendominasi pertandingan di menit-menit awal. Namun banyak peluang yang berhasil dikreasikan gagal dituntaskan jadi gol, yang membuat babak pertama berakhir sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua, permainan El Real tak kunjung membaik. Namun mereka malah mampu membuat dua gol masing-masing di menit 83 melalui Karim Benzema dan di menit 87 atas nama Sergio Ramos. Malang buat Los Merengues, gol tersebut tercipta saat laga sudah mendekati akhir dan mereka gagal menambah minimal satu gol lagi untuk bisa memastikan didapatnya tiket ke final.

Madrid menang 2-0, tapi karena di leg pertama pekan lalu kalah telak 1-4 di kandang Dortmund, secara agregat skuat besutan Jose Mourinho masih kalah 3-4. Die Borussen pun meraih tiket final Liga Championsnya yang kedua sepanjang sejarah klub tersebut.

Dalam laga final yang akan digelar di New Wembley pada 25 Mei mendatang, skuat asuhan Juergen Klopp akan menghadapi pemenang laga Barcelona vs Bayern Munich.

Jalannya Pertandingan

Setidaknya ada empat kesempatan emas bikin gol diciptakan Madrid di 10 menit awal pertandingan. Namun Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil sampai Angel Di Maria semuanya gagal menuntaskan kans yang mereka punya menjadi gol.

Madrid memiliki peluang pertamanya saat pertandingan baru berjalan empat menit saat Gonzalo Higuain terlepas dari jebakan offside di dalam kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan Roman Weidenfeller, sepakan mendatar Higuain masih terhadang kaki sang kiper.

Empat menit berselang gantian Ronaldo yang membuang peluang matang. Dapat ruang di dalam kotakn penalti, sepakan pemain termahal dunia itu melayang terlalu tinggi.

Dortmund baru mengreasikan peluang pertamanya di menit 15 saat tendangan Robert Lewandowski menyongsong umpan tendangan bebas dari tengah lapangan masih bisa diblok kiper Diego Lopez. Semenit berselang tuan rumah punya peluang lain bikin gol, saat Angel Di Maria berdiri sendirian di tengah kotak penalti dan melepaskan tendangan voli, yang kembali membentur tubuh Weidenfeller.

Oezil..! Oh peluang matang yang kembali gagal jadi gol. Lolos di sisi kiri pertahanan Dortmund, sepakan gelandang asal Jerman itu saat tinggal berhadapan dengan Weidenfeller melenceng di sisi kiri gawang. Madrid menekan, menciptakan banyak peluang namun tak satupun berujung gol.

Babak pertama berakhir tanpa ada gol tercipta.

Adalah Dortmund yang lebih dulu punya peluang di awal babak kedua, tepatnya di menit 48 saat tendangan Lewandowski dari dalam kotak penalti masih melayang tinggi.

Dua menit kemudian Lewandowski kembali bikin pendukung Madrid menahan napasnya, mendapat umpan dari Marco Reus sepakan striker asal Polandia itu diselamatkan mistar gawang.

Di menit 60 gawang Madrid kembali nyaris jebol andai Diego Lopez tak melakukan penyelamatan gemilang di bawah mistarnya. Bermula dari tusukan Reuss ke dalam kotak penalti, dia kemudian melepaskan umpan di tiang jauh di mana lkay Gundogan berdiri bebas di sana. Sepertinya akan mencetak gol ke gawang yang sudah kosong, bola tendangan Gundongan ditepis Lopez yang datang sambil menjatuhkan diri.

Santiago Bernabeu akhirnya bergemuruh di menit 83. Mendapat umpan dari sisi kanan yang dilepaskan Oezil, sontekan Benzema dari jarak dekat berhasil merobek gawang Dortmund. Madrid 1-0 Dortmund, agregat 2-4.

Tak lama berselang stadion kembali bergemuruh hebat. Sebabnya adalah gol yang dilesakkan Ramos. Tendangan kerasnya dari jarak dekat usai dapat umpan pendek dari Benzema mengubah kedudukan jadi 2-0. Dengan kondisi ini Madrid tertinggal 3-4 secara agregat dan cuma butuh satu gol lagi untuk lolos ke final.

Maka dimulai lagilah serangan bertubi-tubi Madrid ke pertahanan Dortmund. Beberapa peluang berhasil dikreasikan, namun tak ada gol tambahan tercipta. Madrid menang 2-0, namun gagal lolos ke final karena masih kalah secara agregat dengan 3-4.

Madrid hanya unggul 2-0 maka Dortmund yang lolos ke final. ref:detikSport

Hasil Pertandingan Real Madrid vs Borussia Dortmund Liga Champions 1 Mei 2013 was last modified: May 1st, 2013 by Agus Darmawan
tags: , , , , ,