Hasil Pertandingan Kosta Rika vs Inggris Piala Dunia Brasil 24 Juni 2014

Share/Bookmark

Kosta Rika imbangi Inggris tanpa gol dan keluar sebagai juara grup D

Kosta Rika memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia sebagai juara Grup D. Hasil tersebut didapat usai bermain imbang 0-0 kontra Inggris.

Kosta Rika yang telah menggenggam tiket kelolosan bertanding kontra Inggris yang sudah dipastikan tersingkir di Estadio Minerao, Selasa (24/6/2014) malam WIB. Inggris memulai laga dengan inisiatif menyerang, sementara Kosta Rika lebih banyak menunggu.

Statistik menunjukkan tim asuhan Roy Hodgson memegang penguasaan bola 56% berbanding 44% milik Kosta Rika. Namun begitu, Daniel Sturridge dkk. menemui jalan buntu dan whoscored mencatat hanya punya satu tendangan on target. Jumlah ini lebih sedikit dari milik Kosta Rika yang mencatatkan empat peluang tepat sasaran.

Dengan hasil imbang ini, Kosta Rika mengamankan posisi puncak klasemen. Di babak 16 besar, mereka akan menghadapi runner up Grup C. Sementara Inggris harus puas pulang dari Brasil dengan hanya menorehkan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Dua menit berjalan, Inggris nyaris kebobolan. Tendangan Joel Campbell dari luar kotak penalti membentur badan bek Inggris dan berubah arah, membuat Ben Foster mati langkah. Bola tampak akan masuk ke gawang, namun masih sedikit di samping kanan gawang.

Inggris baru membalas di menit ke-13. Umpan Jack Wilshere tak jauh dari kotak penalti diakhiri Daniel Sturridge dengan tembakan melengkung ke arah pojok kanan gawang. Hanya melebar sedikit.

Sturridge kembali melakukan percobaan dari jarak jauh di menit ke-18. Kali ini tembakannya jauh di kanan gawang.

Kosta Rika nyaris mendapatkan keunggulan di menit ke-23. Mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti, Celso Borges yang bertindak sebagai eksekutor mengarahkan bola ke pojok kiri atas. Foster sempat melakukan sedikit sentuhan, bola yang masih meluncur deras kemudian dimentahkan mistar gawang.

Inggris meminta sebuah penalti lima menit berselang. Wilshere melepaskan umpan terobosan kepada Sturridge yang menusuk ke dalam kotak penalti. Di saat bersamaan, Oscar Duarte datang menghalangi Sturridge mencapai bola dan terjadi benturan badan. Sturridge terjungkal, tapi wasit tak menyatakannya sebagai pelanggaran.

Sturridge mendapatkan kesempatan lain di menit ke-35. Dari sepak pojok di sisi kiri, Adam Lallana mengarahkan bola ke Phil Jones di tiang jauh. Bola tandukan Jones diteruskan Sturridge di muka gawang, namun masih melayang di atas mistar.

Giliran Ross Barkley yang beraksi di menit ke-42. Setelah memainkan umpan satu-dua dengan Sturridge, gelandang Everton ini lantas melewati dua pemain dan melepaskan tendangan kaki kiri. Upayanya jauh dari sasaran.

Inggris punya peluang bagus di awal-awal babak kedua. Berawal dari tendangan bebas di sisi kiri, bola muntah hasil buangan bek Kosta Rika jatuh di kaki Jones di luar kotak penalti.

Bek Manchester United ini kemudian melancarkan tendangan keras, tapi membentur kerumunan pemain. Namun bola liar justru melambung ke arah Sturridge yang tak terkawal di dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper. Peluang ini pada akhirnya kandas setelah penyerang Liverpool itu gagal mengontrol bola dengan baik.

Inggris melanjutkan tekanannya ke menit 59. Lallana melakukan tusukan di sisi kiri dan berniat mengirimkan umpan silang mendatar ke Sturridge di depan gawang. Belum sampai umpan ke pemain yang dituju, Keylor Navas sigap memotongnya.

Kosta Rika balas mengancam tiga menit kemudian. Menerima sodoran Bryan Ruiz, Christian Bolanos menyepak bola keras-keras dari luar kotak penalti. Terbaca dengan baik oleh Foster.

Di menit ke-65, Sturridge mendapatkan peluang emas untuk Inggris. Melakukan umpan satu dua dengan Wilshere, Sturridge lolos dari penjagaan dan tinggal menghadapi Navas di dalam kotak penalti. Tapi bola tendangannya cuma melesat tipis di sisi kiri gawang.

Kans lain lahir untuk Inggris di menit ke-80. Usai mengontrol bola dari Frank Lampard, Rooney melepaskan bola terarah ke kiri atas gawang. Navas yang masih dalam posisi tanpa kesulitan menepis bola.

Tak ada peluang yang benar-benar berarti di sisa laga. Pertandingan pun usai dengan skor kacamata.

Susunan pemain:

Kosta Rika: Navas; Gamboa, Gonzalez, Miller, Duarte, Diaz; Tejeda, Borges (Barrantes 78′), Ruiz; Campbell (Urena 65′), Brenes (Bolanos 59′).

Inggris: Foster; Jones, Cahill, Smalling, Shaw; Milner (Rooney 76′), Lampard, Wilshere (Gerrard 73′), Barkley, Lallana (Sterling 62′); Sturridge.

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Hasil Pertandingan Kosta Rika vs Inggris Piala Dunia Brasil 24 Juni 2014 was last modified: June 25th, 2014 by Agus Darmawan
tags: , , ,