Hasil Pertandingan Italia vs Brasil Piala Konfederasi 23 Juni 2013

Share/Bookmark

Brasil jadi juara Group A setelah kalahkan Italia 4-2

BrasilBrasil menutup babak grup Piala Konfederasi 2013 dengan raihan sempurna usai menaklukkan Italia 4-2 di Itaipava Arena, Minggu (23/6) dinihari WIB. Kemenangan ini membuat Brasil memuncaki Grup A dengan catatan ‘suci’ tanpa terkalahkan: sembilan poin dari tiga laga.

Adapun Italia, meski tumbang tetap berhak melaju ke semi-final menemani Selecao karena perolehan poin pasukan Cesare Prandelli (enam angka) sudah tak bisa lagi dikejar oleh Meksiko dan Jepang, duo penghuni sisa di Grup A.

Babak pertama

Dengan penuh percaya diri, Brasil langsung membuat para loyalis Selecao berteriak di menit-menit awal laga ketika mereka menebar ancaman melalui aksi Hulk. Dari dalam kotak penalti, Hulk melepaskan tendangan kencang, untung Buffon tanggap untuk menangkis sepakan sang striker.

Peluang tersebut sempat tampak membuat pelatih Cesare Prandelli sedikit ketar-ketir lantaran baru di pembuka laga sudah nyaris dibobol anak-anak Samba.

Namun pada menit ke-17 giliran Italia yang berupaya memberikan tekanan di pertahanan Brasil. Mario Balotelli menyongsong umpan silang dari Marchisio, sayangnya sontekan kaki kiri Super Mario masih melebar tipis di sisi gawang Julio Cesar.

Giliran Neymar mendapatkan peluang kala dia menerima sodoran back-heel dari Oscar di menit ke-25. Namun upaya pemain anyar Barcelona itu masih terganjal hadangan pemain Italia, bola pun bergulir melenceng.

Semenit berselang Hulk mencoba peruntungan lewat sepakan bebas, akan tetapi Buffon sanggup meninjunya dengan sempurna.

Pada rentang menit ke-30 hingga 35 terjadi dua pergantian pemain di masing-masing kubu. David Luiz digantikan oleh Dante sementara Christian Maggio masuk mengisi peran Ignazio Abate. Kedua pemain ini tak dapat melanjutkan pertandingan lantaran cedera.

Memasuki menit ke-36 Buffon nyaris terkecoh oleh sepak pojok yang dilesakkan Neymar. Striker gesit itu mengarahkan bola langsung ke gawang kiper Juventus itu. Untung si penjaga gawang sigap mengantisipasi.

Tiga menit sebelum turun minum Italia membuang peluang bagus. Adalah Balotelli yang menyia-nyiakan umpan manja dari Candreva di dalam kotak penalti. Striker Milan itu seperti kaget kala bola kiriman Candreva menghampirinya.

Saat paruh pertama bakal berakhir kacamata, Dante muncul untuk mencetak gol pembuka. Berawal dari free-kick kiriman Neymar yang diteruskan oleh Fred, Buffon menepis, namun bola rebound jatuh tepat di kaki Dante yang dengan mudah meceploskan gol tanpa ampun.

Gol tadi pun menutup babak pertama dengan keunggulan laskar Luiz Felipe Scolari 1-0.

Babak kedua

Enam menit laga babak kedua berjalan, Italia sukses menyamakan skor melalui sepakan terukur Emanuele Giaccherini di dalam box Brasil.

Namun gol tadi usianya tak lama. Pada menit ke-55, Neymar mencetak gol kedua untuk Brasil via sebuah tendangan bebas. Brasil kembali berbalik unggul 2-1.

Memasuki menit 61, dari situasi yang sama, Balotelli melesakkan tendangan bebas keras. Sayang, tak seberuntung Neymar, masih bisa dimentahkan Cesar.

Brasil pun kian menjauh berkat gol dari Fred di menit ke-66. Melalui serangan balik yang dipimpin oleh Marcelo, bola kemudian dilanjutkan Oleh Fred lewat tendangan yang mengarah ke pojok gawang.

Gli Azzurri memperkecil ketinggalan lewat aksi dari bek Giorgio Chiellini usai dia mengoptimalkan kemelut yang terjadi di mulut gawang Cesar.

Sepuluh menit terakhir kepercayaan diri pemain Italia tak redup. Mereka terus berusaha meraih satu gol lagi untuk mengakhiri laga seri. Sayang, tandukan Maggio, usai menyambut umpan sepak pojong dari Candreva, mengenai tiang gawang.

Dua menit berselang Italia lagi-lagi tak sempurna dalam menuntaskan peluang. Free-kick kiriman dari Candreva mampu dilanjutkan oleh Balotelli. Namun usaha nama terakhir masih belum tepat sasaran, menyamping.

Di sela-sela gempuran Italia jelang rampungnya laga, Brasil justru kembali membuat pertandingan margin dua gol. Fred menamakan diri di papan skor untuk kali kedua setelah menyempurnakan bola muntah hasil sepakan dari Marcelo tepat semenit sebelum pertandingan tuntas. Skor 4-2 ini bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Sedangkan hasil pertandingan yang lain antara Jepang vs Meksiko dimenangkan oleh Meksiko dengan skor 2-1.

Brasil jadi juara Group A setelah kalahkan Italia 4-2. ref:goal.com