Hasil Pertandingan Inggris vs Italia Piala Dunia Brasil 15 Juni 2014

Share/Bookmark

Italia jinakkan Inggris 2-1 lewat sundulan Balotelli

BalotelliItalia memenangi duel melawan Inggris. Kemenangan 2-1 tim besutan Cesare Prandelli itu ditentukan oleh sundulan Mario Balotelli di awal-awal babak kedua.

Pertandingannya sendiri berjalan menarik lantaran kedua tim sama-sama bermain terbuka. Italia sempat memimpin lebih dulu lewat Claudio Marchisio di menit ke-35, namun Inggris membalas dengan cepat lewat Daniel Sturridge dua menit berselang.

Pada akhirnya, gol Balotelli di menit ke-50 membuat Italia kembali unggul. Gli Azzurri pun meraup poin penuh pada laga perdana mereka di Grup D. Italia kini berada di urutan kedua Grup D dengan nilai 3 –sama dengan nilai milik Kosta Rika, namun Kosta Rika unggul dalam selisih gol.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang dihelat di Arena Amazonia, Manaus, Minggu (15/6/2014) dinihari WIB, Italia tampak nyaman menguasai bola pada menit-menit awal pertandingan. Sebaliknya, Inggris dengan disiplin berusaha melakukan pressing.

Peluang pertama justru dimiliki oleh Inggris pada menit keempat. Berawal dari sebuah serangan yang dibangun dari tengah, bola digiring oleh Raheem Sterling sampai mendekati kotak penalti. Setelahnya, Sterling melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Sial bagi Sterling, sepakannya masih menyamping.

Peluang untuk Inggris berikutnya hadir di menit kelima lewat Jordan Henderson. Lagi-lagi melalui sebuah tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangan Henderson masih bisa diblok oleh kiper Italia, Salvatore Sirigu.

Italia, yang mengandalkan Andrea Pirlo sebagai pembagi operan, berusaha merangsek masuk ke dalam kotak penalti Inggris. Tidak jarang pula mereka melepaskan umpan silang untuk menembus pertahanan Inggris. Mayoritas, umpan silang Italia di sepuluh menit pertama dilepaskan dari sisi kanan oleh Matteo Darmian.

Inggris sendiri kerap mengandalkan kecepatan Sterling, Danny Welbeck, dan juga Daniel Sturridge. Sturridge tercatat sempat satu kali menusuk dari sisi kanan menggunakan kecepatannya. Sementara Welbeck, sempat mendapatkan peluang ketika Gabriel Paletta salah oper. Namun, tendangan Welbeck masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-20, Italia mendapatkan sebuah peluang bagus. Antonio Candreva mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tetapi, tendangannya masih bisa diblok oleh Joe Hart.

Dua menit berselang, Mario Balotelli mendapatkan banyak ruang gerak di depan kotak penalti Inggris. Dia lantas melepaskan tendangan kaki kanan, tetapi tendangannya itu masih melambung di atas mistar gawang Inggris.

Kendati Inggris tampak lebih banyak menekan, justru Italia lebih dulu yang mencetak gol. Pada menit ke-34, Claudio Marchisio melepaskan sebuah sepakan jarak jauh, usai memanfaatkan gerak tipu Pirlo –yang bermaksud membuka ruang. Tendangan Marchisio mengarah tepat ke pojok kanan bawah gawang Joe Hart.

Namun, gol Marchisio langsung dibayar tuntas oleh Daniel Sturridge dua menit kemudian. Gol bermula dari umpan terobosan yang diberikan kepada Wayne Rooney di sisi kiri. Rooney kemudian melepaskan umpan silang ke arah tiang jauh dan Sturridge menyambarnya dengan sepakan kaki kanan.

Menjelang babak pertama berakhir, Balotelli mendapatkan sebuah kans bagus. Dia melambungkan bola melwati Hart yang berdiri terlalu jauh dari gawangnya. Namun, usaha Balotelli itu gagal setelah Phil Jagielka melakukan halauan dengan sundulan tepat di garis gawang.

Peluang yang dimiliki Antonio Candreva juga berujung kegagalan setelah tendangannya mengenai tiang gawang. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 1-1.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya di menit ke-50, Italia kembali unggul. Gol bermula dari sebuah serangan dari sisi kiri pertahanan Inggris, yang juga merupakan kelemahan mereka sepanjang babak pertama. Umpan silang dari Candreva disambut dengan sundulan oleh Mario Balotelli di tiang jauh. Hart pun tak mampu menghalau sundulan tersebut. 2-1 untuk Italia.

Inggris berusaha membalas, tetapi tendangan Sturridge di menit ke-61 masih belum menemui sasaran. Begitu juga dengan usaha Rooney semenit berselang. Tendangannya dari jarak dekat masih melebar.

Leighton Baines ikut menciptakan peluang untuk Inggris di menit ke-77 lewat tendangan bebasnya. Namun, usahanya ini gagal setelah tendangannya ditepis Salvatore Sirigu.

Kendati Inggris mengurung pertahanan Italia di sisa laga, tim besutan Roy Hodgson itu tetap tidak mampu menyamakan kedudukan. Sebaliknya, Italia masih sempat mendapatkan peluang lewat tendangan bebas Pirlo di injury time babak kedua. Namun, tendangannya masih mengenai mistar gawang.

Susunan Pemain

Inggris: Hart, Johnson, Cahill, Jagielka, Baines, Gerrard, Henderson (Wilshere 72), Sterling, Rooney, Welbeck (Barkley 61), Sturridge (Lallana 79).

Italia: Sirigu, Chiellini, Darmian, Barzagli, Paletta, Candreva (Parolo 79), Marchisio, De Rossi, Pirlo, Verratti (Motta 57), Balotelli (Immobile 72).

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Hasil Pertandingan Inggris vs Italia Piala Dunia Brasil 15 Juni 2014 was last modified: June 15th, 2014 by Agus Darmawan
tags: , , ,