Hasil Pertandingan Ghana vs Amerika Serikat Piala Dunia Brasil 17 Juni 2014

Share/Bookmark

AS tundukkan Ghana 2-1 berkat John Brooks

Ghana vs Amerika SerikatAmerika Serikat memetik kemenangan tipis atas Ghana di laga perdananya di Grup G. Unggul lebih dulu lewat gol cepat Clint Dempsey, AS akhirnya menang 2-1 atas Ghana.

Dalam pertandingan di Arena das Dunas, Natal, Selasa (17/6/2014) dinihari WIB, AS langsung menyerang sejak awal. Hasilnya, saat laga baru berjalan 32 detik, Dempsey sudah membobol gawang Ghana.

Ghana yang terus menggempur pertahanan AS baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-82 lewat gol Andre Ayew. Namun empat menit berselang, John Brooks kembali membawa AS unggul sekaligus memastikan kemenangan 2-1 untuk timnya.

Dengan kemenangan ini, AS menempati peringkat kedua Grup G dengan tiga poin. Mereka kalah dalam selisih gol dari Jerman yang di laga lainnya memetik kemenangan telak 4-0 atas Portugal.

Jalannya Pertandingan

AS langsung menggebrak saat pertandingan berjalan belum genap satu menit. Usai menerima bola dari Jermain Jonas, Clint Dempsey langsung menggiring bola ke dalam kotak penalti melewati beberapa pemain Ghana dan melepaskan tembakan dengan kaki kiri untuk mengirim bola ke tiang jauh. Bola membentur tiang dan bergulir ke dalam gawang.

Tersentak dengan gol cepat AS, Ghana langsung meningkatkan tempo permainan. Namun serangan yang dibangun Ghana masih belum membahayakan gawang Tim Howard.

Di menit ke-19, AS mendapat peluang emas untuk menggandakan keunggulannya. Tapi sepakan Jozy Altidore dari tengah kotak penalti memanfaatkan bola dari Fabian Johnson masih bisa diblok pemain belakang lawan.

Tak lama berselang, Altidore harus ditarik keluar karena mengalami cedera saat berupaya mengejar bola. Posisinya kemudian digantikan oleh Aron Johannsson.

Upaya AS lewat tendangan jarak jauh Alejandro Bedoya belum berbuah gol. Tembakan pemain Nantes itu masih melenceng dari sasaran.

Demikian pula dengan tembakan Christian Atsu dari luar kotak penalti. Tendangan pemain Ghana itu juga masih belum menemui sasaran. Namun tembakan Asamoah Gyan memaksa Howard melakukan penyelamatan.

Di menit ke-41, serangan yang dibangun AS gagal berbuah gol. Tendangan Johannsson masih terlalu lemah dan bola bisa diamankan oleh Adam Kwarasey.

Menjelang berakhirnya babak pertama, AS kembali punya kans untuk menggandakan keunggulan. Tapi tendangan bebas Bedoya dari sisi kiri bisa ditepis oleh Kwarasey dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk AS.

Memasuki babak kedua, Ghana yang tertinggal terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Tapi upaya mereka belum membuahkan hasil. Sundulan Gyan di menit ke-56 menyambut umpan Muntari masih belum menemui sasaran. Dua menit berselang, tandukan Gyan memaksa Howard melakukan penyelamatan.

Dempsey mencoba untuk mencetak gol keduanya di menit ke-79. Namun tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Kwarasey.

Serangan Ghana akhirnya membuahkan hasil di menit ke-82. Bekerja sama dengan Gyan di sisi kiri, Ayew kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri dari dalam kotak penalti untuk menjebol gawang Howard. Ghana 1 AS 1.

Namun skor imbang ini tak bertahan lama. Empat menit berselang, AS kembali unggul lewat gol dari pemain pengganti, John Brooks. Dia menanduk bola memanfaatkan sepak pojok Graham Zusi.

Gol Brooks menjadi gol terakhir yang tercipta di laga itu. Hingga laga usai, skor 2-1 untuk AS tetap bertahan.

Susunan Pemain

Ghana: Kwarasey, Opare, Atsu (Adomah 78′), A. Ayew, Muntari, J. Ayew (Boateng 59′), Rabiu (Essien 71′), Mensah, Asamoah, Boye, Gyan

Amerika Serikat: Howard, Besler (Brooks 46′), Bedoya (Zusi 77′), Jones, Beckerman, Cameron, Beasley, Bradley, Johnson, Dempsey, Altidore (Johannsson 23′)

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Hasil Pertandingan Ghana vs Amerika Serikat Piala Dunia Brasil 17 Juni 2014 was last modified: June 17th, 2014 by Agus Darmawan
tags: , , ,