Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia

Share/Bookmark

Sudah enam tim memastikan lolos ke fase keempat kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Tiga tim yang baru saja memastikan lolos adalah Irak, Australia dan Iran.

Dari Grup A, Irak memastikan menyusul Yordania yang sudah memastikan lolos sebelumnya, berkat kemenangan 3-1 saat dijamu rival di grupnya tersebut, Selasa (15/11/2011) waktu setempat.
Dengan hasil itu, Yordania dan Irak kini sama-sama mengoleksi poin 12 dari lima pertandingan. Artinya, kemenangan 4-0 China atas Singapura pun menjadi sia-sia karena keduanya dipastikan tercoret.

Di Grup D, Australia memastikan lolos sebagai juara grup usai menang 1-0 atas Thailand. Poin Australia, 12 poin, dipastikan tak terkejar tim lain. Satu tiket sisa kini diperebutkan Arab Saudi (6 poin), Oman (5 poin) dan Thailand (4 poin).

Dari Grup E, Iran mengunci tiket menyusul kemenangan 4-1 atas Indonesia. Satu tiket itu sendiri baru dipastikan Iran setelah Qatar berimbang 0-0 lawan Bahrain. Iran kini memiliki 11 poin, diikuti Qatar (9 poin) dan Bahrain (6 poin), yang akan berebut tiket sisa. Indonesia menjadi juru kunci dengan poin nol.

Selain Yordania, Irak, Australia dan Iran, Jepang dan Uzbekistan juga sudah memastikan lolos. Dengan enam tim telah menggenggam tiket ke fase selanjutnya, tinggal empat tiket lagi yang masih dapat diperebutkan.