Hasil Ajax vs Barcelona 27 November 2013

Share/Bookmark

Dengan 10 Pemain, Ajak tumbangkan Barca 2-1

Ajax vs BarcelonaMeski bermain dengan 10 orang, Ajax Amsterdam bisa meraih kemenangan 2-1 atas Barcelona. Juara Liga Belanda itu pun menjaga peluang mereka lolos dari fase grup Liga Champions.

Pada laga yang digelar di Amsterdam ArenA, Rabu (27/11/2013) dinihari WIB, Ajax tampil dengan mayoritas pemain utama, terkecuali kapten Siem De Jong. Sementara Barca, yang tanpa Lionel Messi dan Sergio Busquets, memasang Alex Song di tengah dan Cesc Fabregas sebagai salah satu trio di lini depan.

Barca tampil mendominasi penguasaan bola hingga 52% babak pertama. Namun, Ajax menciptakan lebih banyak percobaan untuk mencetak gol. Tercatat, Ajax punya 3 attempts on target, sementara Barca nol.

Ajax sempat mendapatkan peluang lewat tendangan Daley Blind di menit ke-17. Namun, tendangan Blind masih melenceng tipis di sebelah gawang Jose Manuel Pinto.

Dua menit berselang, barulah tim besutan Frank de Boer itu mencetak gol. Umpan dari kanan yang dilepaskan Ricardo van Rhijn, diteruskan dengan tumit oleh Danny Hoesen. Bola hasil operan Hoesen itu kemudian disambar oleh Serero yang berada di depan gawang Barca.

Tertinggal satu gol, Barca berusaha menekan. Sementara Ajax kerap menggunakan para full-back untuk membantu serangan.

Lasse Schoene sempat mendapatkan peluang di pertengahan babak pertama, tetapi tendangan bebasnya dari sisi kanan pertahanan Barca masih bisa ditepis Pinto.

Pada menit ke-41, barulah tuan rumah bisa menggandakan keunggulan. Tendangan Viktor Fischer dari luar kotak penalti masih bisa diblok oleh Pinto. Namun, bola jatuh di kaki Hoesen. Setelah mengecoh Carles Puyol, Hoesen kemudian melepaskan tendangan dari jarak dekat. Gawang Barca bobol lagi.

Menjelang babak pertama habis, Barca mendapatkan tendangan bebas. Sepakan Xavi Hernandez mengarah ke tiang jauh, namun Neymar gagal menjangkaunya.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48, barisan pertahanan Ajax melakukan kesalahan. Sebuah backpass nyaris diserobot oleh Neymar. Namun, akibatnya Joel Veltman langsung melakukan tekel terhadap pemain asal Brasil tersebut. Lantaran menjadi orang terakhir, Veltman pun mendapatkan kartu merah. Sementara Barca mendapatkan penalti.

Xavi Hernandez yang maju menjadi ekeskutornya tidak membuang percuma kesempatan tersebut. Dengan tenang, dia menaklukkan Jasper Cillessen. Skor berubah menjadi 2-1.

Barca lantas mendapatkan angin. Untuk beberapa menit setelahnya, mereka terus menekan dan mengurung pertahanan Ajax. Neymar sempat mendapatkan peluang pada menit ke-56, tetapi tendangan lob-nya masih bisa dihalau oleh Cillessen.

Kendati terus mengurung pertahanan Ajax, Barca beberapa kali gagal menciptakan peluang bersih. Sebaliknya, Ajax bertahan dengan rapat. Sampai akhir laga, skor tetap tidak berubah: 2-1.

Bagi manajer Barca, Gerardo Martino, ini adalah kekalahan pertamanya semenjak menangani tim asal Catalan tersebut.

Dengan hasil ini, posisi Barca –yang sudah memastikan diri lolos– tetap tidak berubah, mereka memuncaki klasemen dengan nilai 10. Sementara Ajax berada di posisi ketiga dengan nilai 7, tertinggal satu angka di belakang AC Milan yang berada di posisi kedua. Siapa yang akan lolos menemani Barca dari Grup H akan ditentukan beberapa pekan mendatang di San Siro.

Sedangkan pada pertandingan liga champions yang lain, Borussia Dortmund berhasil melibas Napoli dengan skor 3-1. Demikian juga dengan AC Milan yang berhasil kalahkan Celtic 3-0. Serta diluar dugaan Chelsea dikalahkan Basel dengan skor 0-1. ref:detikSport

Susunan Pemain :

Ajax Amsterdam: Cillessen; Van Rhijn, Veltman, Moisander, Boilesen (Poulsen 35); Klaassen, Blind, Serero; Schoene (Denswil 50), Hoesen (Duarte 82), Fischer.

Barcelona: Pinto; Puyol (Patri 68), Pique, Mascherano, Montoya; Xavi (Sergi Roberto 74), Song, Iniesta; Pedro, Fabregas, Neymar.

Untuk hasil pertandingan bola yang lain, bisa anda lihat disini.

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Hasil Ajax vs Barcelona 27 November 2013 was last modified: November 27th, 2013 by Agus Darmawan
tags: , , ,