Belgia Tundukkan Kroasia 2-1

Share/Bookmark

Berkat Gol Lukaku Belgia lolos melaju ke Brasil

Kroasia vs BelgiaTimnas Belgia jadi wakil ketiga Eropa yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Ini tercipta setelah ‘Setan Merah’ menang 2-1 atas Kroasia berkat dua gol Romelu Lukaku.

Pada laga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2014 yang dihelat di Maksimir Stadium, Jumat (11/10/2013) malam WIB, Lukaku bikin gol-golnya di babak pertama. Kranjcar memperkecil skor di 10 menit terakhir pertandingan ini.

Tambahan tiga poin ini, Belgia kokoh di posisi puncak dengan 25 poin dari sembilan laga dan perolehan poin anak asuh Marc Wilmots ini tak terkejar Kroasia di posisi kedua dengan 17 poin. Mereka jadi tim Eropa ketiga setelah Belanda dan Italia yang berangkat ke Brasil 2014.

Kroasia sendiri harus melalui playoff untuk merebut tiket ke putaran final. Sementara bagi Belgia ini adalah penampilan pertama mereka di turnamen internasional setelah terakhir berpartisipasi di Piala Dunia 2002.

Jalannya Pertandingan

Belgia membuka keunggulan di menit 15. Berawal dari kesalahan Ivan Perisic dalam mengoper bola yang malah jatuh di kaki Stefan Defour dan langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Lukaku.

Lukaku kemudian berlari menuju kotak penalti mendahului penjaganya, lalu mengecoh Stipe Pletikosa sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Belgia nyaris menggandakan keunggulan di menit 29 ketika crossing dari sisi kiri menuju Marouane Fellaini di tiang jauh dan disambut tandukannya. Bola mengarah ke gawang tapi Pletikosa dengan sigap menepis bola tersebut.

Lukaku! Penyerang bertubuh besar itu mencatatkan namanya lagi di papan skor di menit 38. Lukaku mendapat bola dari Axel Witsel dan prosesnya sama seperti gol pertama di mana ia melakukan solo run ke kotak penalti.

Lalu ia menembak bola yang masih bisa ditepis Pletikosa sebelum bola muntah direbut Lukaku lagi dan dengan mudah diceploskan ke gawang.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum. Sebelumnya Kroasia memperoleh peluang pertamanya dari sundulan Mario Mandzukic tapi bisa diamankan Thibaut Courtois.

Di babak kedua Krosia coba menyerang untuk mendapatkan gol dan Nikola Kalinic menciptakan peluang timnya lewat tembakan keras tapi masih bisa ditepis Courtois.

Begitu juga dengan usaha Ivan Strinic di menit 48 namun bola yang mengarah ke pojok atas masih bisa digagalkan Courtois.

Sementara Kroasia terus menekan pertahanan Belgia, lawan dengan sigap menutup setiap ruang tembak tuan rumah. Satu peluang tim tamu di menit 78 lewat Fellaini tapi tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih terhadang kaki Pletikosa.

Krosia memperkecil ketertinggalan jadi 1-2 di menit 83 lewat tendangan keras Kranjcar menyusul kemelut di kotak penalti Belgia.

Tak ada lagi gol tercipta dari Krosia sehingga di akhir laga Belgia bisa berpesta merayakan kelolosan mereka ke Piala Dunia. ref:detikSport

Untuk hasil pertandingan bola yang lain, bisa anda lihat disini.

Jangan lewatkan info sepak bola dan prediksi pertandingan terbaru.

Belgia Tundukkan Kroasia 2-1 was last modified: October 12th, 2013 by Agus Darmawan
tags: , , ,