Barcelona Libas Ajax 4-0

Share/Bookmark

Sementara Arsenal unggul 2-1 atas Marseille

Barcelona vs AjaxBarcelona meraih kemenangan mencolok di laga pertama Liga Champions. Menghadapi Ajax di Camp Nou, Kamis [19/9], pasukan Tata Martino sukses menceplos empat gol tanpa respons. Tiga dari empat gol itu lahir berkat kegemilangan sang megabintang Lionel Messi.

Babak pertama

Seperti biasa, Barcelona langsung lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Pada menit keempat, Neymar mendapatkan kesempatan melepas tendangan. Namun lemah dan tak menyulitkan kiper Vermeer mengamankan si kulit bundar.

Semenit berselang, giliran Cesc Fabregas melesatkan sepakan kencang dari luar box tim tamu. Sayang, Vermeer kali ini terpaku melihat bola mengudara tinggi.

Barca pun membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke-22. Mendapatkan free-kick di posisi yang cukup ideal, Lionel Messi mengeksekusinya dengan sempurna. Vermeer tak berdaya.

Ajax bereaksi atas gol pembuka tadi. Di menit ke-30 Bojan Krkic, yang merupakan eks Barcelona, mendapatkan peluang setelah memaksimalkan umpan dari Boilesen. Hanya, tendangannya tidak tepat ke target.

Sejurus kemudian, giliran Bojan yang menyervis rekan. Menyisir sisi kiri, dia kemudian melepas umpan diagonal jauh ke arah Van Rhijn yang menanduknya. Tapi Victor Valdes sigap memblok.

Memasuki menit ke-33 Neymar kembali merepotkan Vermeer. Hanya sepakan memojoknya kali ini lagi dapat dibaca cerdik oleh sang penjaga gawang.

Barcelona melakukan serangan balik cepat pada menit ke-37. Namun aksi Alexis Sanchez yang kemudian memberi bola pada Messi terlalu deras sehingga bola hanya keluar lapangan.

Daurte menyambar bola hasil kemelut dari kotak penalti Barca. Tapi tembakan sang pemain dapat diantisipasi sempurna oleh Valdes. Skor masih sama kacamata.

Semenit sebelum laga 45 menit pertama tuntas Neymar kembali mengganggu pertahanan Ajax. Meneruskan umpan dari Andres Iniesta, sepakan pemain Brasil itu menjurus di atas mistar gawang. Kans terlewati.

Babak kedua

Barcelona menggandakan kedudukan di menit ke-54 lagi lewat torehan dari Messi. Sepakan derasnya mengalir tanpa bisa dihentikan Vermeer setelah si striker memaksimalkan umpan matang Sergio Busquets dari sisi kanan.

Messi nyaris mencatatkan namanya di papan skor kali ketiga. Namun, umpan dari Neymar gagal dituntaskan penyerang Argentina itu menjadi gol. Tendangannya melebar dari sasaran.

Usaha Dani Alves untuk mendapatkan penalti tidak digubris wasit di menit ke-62. Berawal dari pergerakan impresif dia usai menerima bola dari Sanchez. Alves lalu nampak terjatuh setelah beradu badan dengan Denswil. Laga pun kembali berjalan.

Barcelona semakin menjauh memasuki menit ke-69. Adalah Gerard Pique yang membuat papan skor berubah menajdi tiga bola setelah dia melanjutkan umpan Neymar dengan sundulan.

Barca semakin gencar menyerang. Pada menit ke-74 Sanchez melepas tendangan hasil dari kiriman Iniesta. Namun usaha tersebut mengarah ke sisi kiri gawang lawan.

Namun semenit berikutnya, kembali Vermeer harus memungut bola kali keempat. Messi membuat hat-trick pada laga ini. Setelah menerima sodoran dari sisi kanan, Messi mengontrol bola sejenak sebelum melepas temabakan terukur. Barcelona kini memimpin empat bola. Ini adalah hat-trick yang ke-24 Messi selama berkarier untuk Barca.

Ajax berpeluang memperkecil keadaan di menit ke-77. Mendapatkan hadiah penalti, Valdes gemilang dengan membaca arah tendangan yang dilesatkan Sigthorsson.

Tiga menit sebelum bubaran Ajax terus mencoba peruntungan untuk memperpendek ketinggalan. Bojan beraksi lewat tendangannya. Sayang, Valdes membacanya dengan cekatan.

Demikian juga dengan peluang di menit-menit terakhir laga via tendangan kencang Boilesen yang masih dapat dihalau dengan baik oleh Valdes. Pluit panjang dibunyikan, Barca perkasa di Camp Nou dengan kemenangan 4-0.

*********

Ulasan hasil pertandingan Marseille vs Arsenal

Arsenal melanjutkan tren positif mereka dengan mencatat kemenangan 2-1 kala dijamu Olympique Marseille di Stade Velodrome, Kamis (19/9) dinihari WIB pada matchday pertama Grup F Liga Champions.

Hasil itu mengantar Arsenal menyamai perolehan poin Napoli, yang juga meraih kemenangan atas runner up Liga Champions musim lalu, Borussia Dortmund. Sementara Marseille untuk sementara harus berada di level yang sama dengan Dortmund.

Babak I

Marseille langsung menekan sejak menit pertama. Peluang untuk unggul pun tercipta ketika laga baru berjalan dua menit.

Pierre Gignac menjadi pemain Marseille yang pertama menguji Wojciech Szczesny. Tapi bola kirimannya masih terlalu mudah untuk diamankan kiper Arsenal itu.

Arsenal ganti menyerang. Di menit ketujuh, Theo Walcott melepas tendangan lambung ke arah gawang, tapi sedikit terlalu kuat.

Di menit 22, Szczesny nyaris mengambil jala dari gawangnya. Adalah Andre Ayew yang mengancam dengan sundulan, menyambut umpan silang Payet. Beruntung bagi Arsenal, bola kiriman pemain Marseille itu menyamping dari gawang.

Tekanan ke pertahanan Arsenal berlanjut di menit 39. Tapi Per mertesacker bisa membuat penyelamatan penting. Sundulan Gignac semenit kemudian juga menyamping. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak II

Marseille langsung menciptakan sejumlah peluang saat pertandingan di babak kedua dimulai. Kans Rod Fanni di antaranya, ketika laga baru berjalan dua menit.

Mendapat umpan dari Payet, Fanni melepas tendangan keras ke arah gawang. Tapi Szczesny masih sigap membendung bola.

Arsenal membalas dengan peluang diciptakan Mesut Ozil untuk Kieran Gibbs, yang membuat kejutan kepada Mandanda. Kiper Marseille itu masih sigap mengamankan gawangnya.

Payet juga mendapatkan kesempatan melepas tendangan ke arah gawang Arsenal, tapi bola tepat mengarah ke kiper di menit 56. Mandanda juga beraksi dengan membendung tendangan voli Walcott.

Lewat serangan balik cepat, Marseille mendapat kesempatan memimpin di menit 60. Tapi, saat tim tuan rumah gagal mengkonversikan kesempatan itu menjadi gol, tim tamu malah bisa memimpin.

Di menit 63, Gibbs mengirim umpan kepada Morel, yang gagal memaksimalkannya. Tapi bola jatuh ke Walcott, yang tanpa ampun melesakkan bola ke gawang Marseille.

Gol tersebut langsung direspon tim tuan rumah. Payet dan Valbuena memaksa Szczesnya jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Di menit 85, Arsenal menambah keunggulan setelah Aaron Ramsey membuat gerakan mengesankan dengan melewati tiga pemain Marseille sebelum mengecoh Mandanda.

Tapi sesaat sebelum laga diakhiri, Marseille bisa mencetak satu gol lewat titik putih penalti yang dieksekusi Ayew, menyusul pelanggaran yang dilakukan Ramsey di kotak terlarang. Skor 2-1 untuk Arsenal pada akhirnya bertahan hingga akhir laga.

Sementara Arsenal unggul 2-1 atas Marseille. ref:goal.com

Barcelona Libas Ajax 4-0 was last modified: September 19th, 2013 by Agus Darmawan
tags: , ,