Barca Pesta Gol 7-0 Dipertandingan Perdana Lawan Levante

Share/Bookmark

Sedangkan Real Madrid unggul 2-1 atas Real Betis

pertandingan barca vs levanteBarcelona mengawali usaha mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol dengan meyakinkan setelah meraih kemenangan telak 7-0 atas Levante di Nou Camp dalam laga pembuka mereka, Senin (19/8) dinihari WIB.

Ini merupakan debut gemilang Tata Martino sebagai pelatih Barcelona di kompetisi domestik setelah ditunjuk menggantikan Tito Vilanova. Martino membuat keputusan dengan membangkucadangkan Andres Iniesta dan Neymar.

Tampil di hadapan pendukungnya, Barcelona langsung memberikan tekanan ke pertahanan Levante. Cesc Fabregas yang lepas dari jebakan off-side melepaskan umpan kepada Alexis Sanchez yaang berdiri bebas, sehingga dengan mudah menjebol gawang tim ketika laga baru berjalan tiga menit.

Sukses mencetak gol cepat membuat Barcelona makin mendominasi. Tuan rumah tidak memberikan kesempatan kepada pemain Levante untuk bernafas akibat serangan bergelombang yang merusak pertahanan.

Gelombang serangan Barcelona kembali membuahkan hasil pada menit ke-12. Umpan tarik Pedro di sisi kiri diterima Lionel Messi dengan baik. Bintang Barcelona itu kemudian memperdayai kiper Keilor Navas untuk mencetak gol.

Setelah peluang Sanchez dan Gerard Pique terbuang percuma, Barcelona memperbesar keunggulan pada menit ke-23. Kali ini Dani Alves yang mencatatkan namanya di papan skor. Alves menyambar bola muntah hasil tendangan Fabregas yang diblok Navas.

Selang tiga menit kemudian, Nou Camp kembali bergemuruh. Penyebabnya adalah Pedro yang mengubah papan skor menjadi 4-0. Jebakan off-side Levante lagi-lagi tak berjalan dengan baik, dan Pedro mampu memanfaatkannya usai menerima umpan Messi.

Levante masih mengalami kesulitan mengembangkan permainan, dan pelanggaran salah satu pemainnya terhadap Adriano di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Eksekusi penalti Messi pun makin memperbesar keunggulan Barcelona pada menit ke-42.

Menjelang babak pertama berakhir, gawang Levante kebobolan setengah lusin gol. Adalah Xavi yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan Fabregas. Skor 6-0 menutup babak pertama.

Levante melakukan pergantian pemain di babak kedua dengan memasukkan Issam El Adoua dan Pallardo. Permainan Levante mengalami perbaikan, namun tidak berlangsung lama, karena Barcelona kembali mendominasi selepas babak kedua berjalan sepuluh menit.

Berturut-turut gawang Levante mendapat ancaman. Navas menggagalkan peluang Pique di menit ke-58, dan tendangan Pedro luput dari gawang selang satu menit kemudian. Neymar pun dimasukkan pada menit ke-64, dan Sanchez ditarik keluar.

Barcelona mengubah papan skor menjadi 7-0 pada menit ke-73. Fabregas berhasil memanfaatkan blunder pemain Levante, dan selanjutnya memberikan umpan kepada Pedro yang tidak mensia-siakan peluang untuk menjadi gol. Skor ini pun tidak mengalami perubahan hingga wasit meniup peluit panjang.

**********

Real Madrid harus berjuang keras untuk mendapatkan tiga poin dari laga pembuka mereka di La Liga Spanyol usai memetik kemenangan 2-1 saat menjamu Real Betis di Santiago Bernabeu, Senin (19/8) dinihari WIB.

Seperti halnya Jose Mourinho menjelang akhir musim lalu, pelatih baru Madrid Carlo Ancelotti menaruh kepercayaan kepada Diego Lopez berdiri di bawah mistar los Blancos. Dengan demikian, Iker Casillas harus memanaskan bangku cadangan.

Madrid dan Betis memperagakan permainan terbuka di pertandingan ini. Marcelo sempat menjebol gawang Betis ketika laga baru berjalan dua menit ketika umpannya mengenai Damien Perquis. Namun wasit menganulirnya, karena mengganggap Marcelo terlebih dahulu terjebak off-side ketika menerima bola.

Kendati demikian, Madrid masih belum menemukan ritme permainan mereka. Bahkan, Betis mampu memberikan tekanan berarti. Lopez harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dari ancaman Jorge Molina.

Pendukung tuan rumah terbungkam setelah melihat tim tamu membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-14. Cedrick menerobos pertahanan Madrid, dan tak bisa dikejar Sergio Ramos. Pemain muda Betis ini lalu memberikan umpan yang diselesaikan Molina dengan baik.

Betis hampir saja menggandakan keunggulan mereka selang dua menit kemudian. Nosa memperdayai Dani Carvajal, dan memberikan umpan matang kepadda Joan Verdu. Namun sepakan Verdu menghantam tiang gawang.

Pada menit ke-19, Madrid kembali membobol gawang Betis. Namun wasit lagi-lagi menganulir gol tersebut, karena terlebih dahulu ada pelanggaran off-side. Skor 1-0 pun tetap bertahan.

Kubu tuan rumah akhirnya bersorak kegirangan pada menit ke-26 setelah Karim Benzema menyamakan kedudukan. Umpan Isco diselesaikan striker asal Prancis itu untuk menaklukkan kiper Stephan Andersen.

Betis hampir saja kembali unggul pada menit ke-35. Umpan Joan Verdu diterima Nosa dengan baik, serta menanduk bola melewati Lopez. Hanya saja, si kulit bundar menghajar mistar gawang.

Di awal babak kedua giliran Madrid yang hampir membalikkan keunggulan. Benzema melepaskan umpan matang kepada Cristiano Ronaldo, namun tendangan bintang Madrid ini menghantam mistar gawang.

Madrid masih belum memperlihatkan performa bagus mereka, dan mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Betis yang solid. Di menit ke-67, Andersen mampu memblok peluang yang dimiliki Ronaldo.

Santiago Bernabeu bergemuruh empat menit sebelum pertandingan berakhir, ketika Isco membalikkan keadaan usai menaklukkan Andersen. Marcelo yang leluasa bergerak melepaskan umpan matang kepada Isco yang menanduk bola ke dalam gawang. Skor ini bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Sedangkan Real Madrid unggul 2-1 atas Real Betis. ref:goal.com

Barca Pesta Gol 7-0 Dipertandingan Perdana Lawan Levante was last modified: August 19th, 2013 by Agus Darmawan
tags: , , , , ,