Barca Berbagi Angka Dengan Valencia

Share/Bookmark

Barcelona terhindar dari kekalahan saat bertemu dengan pemimpin klasemen, Valencia, dalam lanjutan Liga BBVA, Rabu atau Kamis (22/9/2011) dini hari WIB berkatgol dari  Gelandang Cesc Fabregas berhasil mencetak gol untuk menyelamatkan. Barcelona berhasil memaksa Valencia bermain imbang 2-2.

Barcelona yang bermain menyerang langsung mengancam pada menit ke-6. Tendangan Pedro Rodriguez memang tepat mengarah gawang Valencia, tetapi kiper Victor Guita masih berada dalam posisi yang tepat untuk menggagalkannya. Valencia justru berhasil mencuri gol pada menit ke-12. Kesalahan Eric Abidal dalam mengantisipasi umpan silang dari Jeremy Mathieu berbuah gol bunuh diri.

Namun, keunggulan ini hanya bertahan dua menit. Barcelona langsung menyamakan kedudukan lewat gol Pedro setelah menerima umpan terobosan dari Lionel Messi.

Valencia berhasil menambah gol saat Barcelona asyik melakukan serangan. Umpan Mathieu dari sisi kiri mengarah tepat kepada Pablo Hernandez yang berdiri bebas dalam kotak penalti. Dengan tenang, Pablo berhasil menundukkan kiper Victor Valdes yang tak bisa berbuat banyak untuk mencegah bola masuk ke gawangnya.

Pada menit ke-41, Roberto Soldado membuang peluang emas yang didapat timnya. Umpan dari Mathieu sebenarnya tinggal ia sodorkan ke dalam gawang yang sudah kosong. Namun, kenyataannya, sontekan dari Soldado malah melebar ke sisi kanan gawang Victor Valdes.

Meski mempunyai beberapa menit sebelum babak pertama berakhir, kedua tim gagal menciptakan peluang tambahan. Kedudukan 2-1 untuk Valencia pun tetap bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Valencia mampu mempertahankan penampilan gemilang mereka. Roberto Soldado dkk mampu mendominasi penguasaan bola, setidaknya hingga memasuki menit ke-58. Setelah itu, giliran Barcelona yang menguasai jalannya pertandingan. Xavi Hernandez dkk mampu mengurung para pemain Valencia di daerah permainan mereka sendiri.

Barcelona yang kesulitan menembus pertahanan tuan rumah mulai mencoba untuk melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh. Salah satunya dilakukan oleh Javier Mascherano pada menit ke-68. Upayanya hampir membuahkan hasil jika saja bola tak membentur mistar gawang.

Di menit ke-77, Barcelona akhirnya mencetak gol penyama kedudukan. Menerima umpan terobosan dari Messi, pemain penganti Cesc Fabregas berhasil lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, pemain bernomor punggung 4 ini berhasil menaklukkan Guita dengan kaki kirinya.

Barcelona hampir saja balik unggul pada menit ke-89. Umpan terobosan dari Messi mengarah tepat kepada David Villa yang datang dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Valencia, Villa gagal menundukkan Guita meski sudah berhadapan satu lawan satu. Tendangan Villa berhasil diblok oleh Guita.

Pada menit ke-91, Valencia harus bermain dengan sepuluh orang setelah Jordi Alba diganjar kartu merah. Karena waktu yang tinggal sedikit, Barcelona tidak dapat memanfaatkannya. Kedudukan 2-2 pun akhirnya bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain

Valencia: Guaita, Miguel, Rami, Víctor Ruiz, Mathieu (Pablo Piatti 73); Albelda (Alberto Costa 46), Ever Banega; Pablo, Canales (Jonas 69), Jordi Alba; Soldado

Barcelona: Valdes; Alves, Mascherano, Puyol (Thiago Alcantara 63), Abidal; Busquets, Xavi, Keita (Adriano 57); Cesc, Messi, Pedro (Villa 60)

Barca Berbagi Angka Dengan Valencia was last modified: September 22nd, 2011 by Dian Novita