Atletico Madrid Berhasil Taklukkan Real Madrid

Share/Bookmark

Sementara MU tak berdaya hadapi West Bromwich Albion

Real Madrid vs Atlético MadridUlasan pertandingan Liga Spanyol antara Real Madrid vs Atlético Madrid

Babak pertama
Atletico Madrid menyambangi Santiago Bernabeu dengan misi ambisius, yakni memecah kebuntuan atas Real Madrid di ajang La Liga Spanyol. Klub yang kini dibesut Diego Simeone itu memang belum pernah memetik kemenangan atas rival sekotanya pada pertandingan liga domestik, kendati berhasil mengejutkan Los Blancos di ajang Copa del Rey musim lalu.

Sejak babak pertama digulirkan, baik Madrid maupun Atletico menyajikan permainan dengan tempo tinggi dan menegangkan, layaknya ekspektasi pecinta La Liga terhadap Derby Madrid.

Tim tuan rumah lebih dulu memberikan ancaman melalui Angel Di Maria yang membawa bola dari sisi kanan sebelum tendangannya diblok Thibaut Courtois. Cristiano Ronaldo menyambar bola liar dan mencoba peruntungannya, namun belum bisa mengubah skor kacamata.

Armada Los Rojiblancos memberikan perlawanan sengit kepada anak-anak asuh Carlo Ancelotti. Kerja keras mereka kemudian terbayar di menit ke-11 setelah Diego Costa menjebol gawang Diego Lopez setelah menyambar umpan Koke untuk membawa tim tamu unggul 1-0.

Unggul satu gol, Atletico terus menyerbu lini pertahanan Madrid sekaligus menjaga benteng pertahanan mereka sendiri dengan kokoh. El Real kesulitan mencari celah untuk membalas gol Costa.

Peluang Los Galacticos datang di menit 23 ketika Karim Benzema menyambut bola hasil umpan Di Maria dengan tandukan kepalanya. Sial bagi Madrid, peluang Benzema masih bisa dipatahkan Courtois.

Benzema kembali mencuatkan harapan publik Santiago Bernabeu ketika mengancam gawang Atletico dari jarak dekat. Namun, tandukannya lagi-lagi melebar sehingga keunggulan tim tamu belum berubah.

Alih-alih tertekan karena serangan Madrid, Atletico justru nyaris menambah keunggulan lewat pergerakan Tiago Mendes yang memanfaatkan kelengahan Isco. Beruntung bagi Madrid, sundulan Tiago dari jarak dekat masih meleset dari sasaran.

Gawang Lopez kembali terancam pada menit-menit terakhir babak pertama ketika Diego Godin nyaris mencetak gol kedua Atletico dari jarak dekat. Namun, Lopez masih sigap menyelamatkan gawangnya sehingga skor 1-0 untuk tm tamu tidak berubah hingga turun minum.

Babak kedua
Tertinggal satu gol mendorong Carlo Ancelotti melakukan pergantian pemain di babak kedua. Pelatih asal Italia menarik keluar Angel Di Maria dan Asier Illarramendi untuk memberikan tempat bagi Gareth Bale dan Luka Modric.

Meski begitu, tim tuan rumah masih kesulitan membongkar pertahanan Atletico yang tampaknya bertekad membawa tiga angka dari Bernabeu.

Costa kembali memperlihatkan aksi ciamik lewat pergerakannya di antara Pepe dan Sergio Ramos. Sial bagi Atletico, tendangan setengah volinya masih bisa diredam Ramos.

Striker Brasil itu nyaris mencatatkan gol kedua bagi Los Rojiblancos di menit 61 ketika dirinya berhadapan satu lawan satu dengan Diego Lopez di depan gawang. Akan tetapi, kesempatan emas itu terbuang menyusul penyelamatan sigap Lopez.

Kubu Los Blancos juga mendapat peluang bagus untuk menyamakan kedudukan ketika Filipe Luis menjatuhkan Bale di dekat kotak penalti. Sayang, Cristiano Ronaldo yang dipercaya mengambil tendangan bebas gagal melaksanakan tugasnya setelah bola melambung tinggi di atas mistar Courtois.

Sejauh ini, Ronaldo belum mampu menampilkan ‘sihirnya’. Mega bintang Portugal lagi-lagi kesulitan memanfaatkan peluang ketika tendangan kerasnya dari luar kotak penalti berhasil diblok Courtois. Modric menyambar bola liar di depan kotak dengan tendangan voli, akan tetapi peluangnya pun belum bisa membuahkan gol.

Publik Santiago Bernabeu dibuat menahan napas ketika gawang Lopez lagi-lagi berada dalam ancaman. Berawal dari penyelamatan yang tidak sempurna oleh Lopez, Koke menyambar bola liar di dalam kotak setelah Sami Khedira gagal menutup celah.

Tanpa pikir panjang, gelandang Spanyol pun melepaskan tendangan ke arah gawang. Akan tetapi, bola masih membentur mistar gawang. Armada Madridista pun menghembuskan napas lega.

Dewi fortuna tampaknya belum berpihak kepada Real Madrid pada pertandingan kali ini. Alvaro Morata, yang masuk menggantikan Isco di menit 73, menyambut umpan silang Khedira sebelum melepaskan tendangan akrobatik ke arah gawang Courtois. Namun, kiper Belgia melakukan penyelamatan gemilang untuk menjaga keunggulan Atletico.

Hingga tiga menit tambahan waktu berakhir, El Real tidak mampu menyarangkan gol balasan ke gawang Atletico. Los Rojiblancos pun meluapkan kegembiraan atas kesuksesan mereka memenangkan derby Madrid di ajang La Liga untuk pertama kalinya sejak 1999.

*********

Ulasan pertandingan Liga Inggris antara MU vs WBA

Manchester United mendapat “kejutan” kala menjamu West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (28/9).

Tampil di hadapan pendukung sendiri di Old Trafford, pasukan David Moyes dipermalukan tim medioker, 2-1. Morgan Almafitano mengejutkan tuan rumah dengan golnya di menit ke-54 dan meski Wayne Rooney mampu membalas tiga menit kemudian, The Red Devils tak terhindar dari kekalahan lantaran youngster Saido Berahino kembali menaklukkan David De Gea di menit 67.

Ini merupakan kekalahan ketiga Setan Merah di Liga Primer Inggris, sehingga harus tergelincir ke peringkat 12 setelah hanya mengepak tujuh angka, sementara WBA naik signifikan ke posisi sepuluh, unggul satu angka dari United.

Babak pertama
Berperan sebagai tuan rumah, Manchester United mencoba ambil iniatif menyerang sejak wasit meniup peluit kick-off. Namun, hingga menit kesembilan tidak tercipta peluang berarti, karena kedua tim masih terlihat bermain hati-hati. Meski mendominasi laga sejak awal, United gagal menciptakan kans emas di awal laga.

West Brom mendapat peluang pertama dari Stephane Sessegnon. Berhasil melewati bek United dari sisi kanan, terjadi kemelut di depan gawang dan Anichebe mencoba memanfaatkan kesempatan ini. Beruntung bek United bergerak cepat dan mampu membuang bola keluar dari area.

Chicharito nyaris mencuri gol untuk tuan rumah. Siap menyambut umpan silang Nani dari sisi kiri, Hernandez hanya beberapa inch dari bola, tapi Myhill mampu mengantisipasi ancaman yang datang.

Di menit ke-20, Buttner mencoba memberikan crossing, tapi umpannya terlalu tinggi, dua full-backs United belum menunjukkan kapasitasnya sejauh ini. Tak lama kemudian, giliran Nani yang memberikan bola kepada Hernandez, namun striker Meksiko belum mampu mengonversi peluang.

Myhill kembali menyelamatkan gawang dari kebobolan setelah sundulan Rooney jatuh tepat di pelukannya. erangan bertubi-tubi dilancarkan United dan lagi-lagi kerja sama Nani-Rooney mengancam pertahanan WBA, namun hingga setengah jam pertama belum membuahkan hasil.

Kagawa! Mendapat bola dari Anderson, pemain Jepang mencari celah untuk melepaskan tembakan dari sisi kiri, tapi usahanya belum cukup menaklukkan Myhill.

Kemelut di depan gawang United dan Buttner harus berjuang menyelamatkan gawang sehingga membuahkan corner untuk tim tamu. Amalfitano menjadi eksekutor, Yacob kemudian menjangkau bola dengan sundulannya, lalu Sessegnon mencoba peruntungan namun sepakannya masih jatuh di atas mistar.

Babak kedua
Pergantian pemain dilakukan Moyes di awal babak kedua, dengan memasukkan Adnan Janujaz untuk menggantikan Shinji Kagawa. Dua menit setelah jeda, Chicharito kembali mendapat peluang setelah menerima umpan dari Anderson, namun sepakannya masih bisa diblok Olsson.

United tampak kian frustrasi dengan penampilan pantang menyerah yang ditunjukkan tim tamu. Sessegnon melanjutkan performa impresif seperti di babak pertama, menusuk pertahanan dengan mengalahkan sejumlah pemain lawan sebelum memberikan umpan kepada Berahino. Pemain muda ini mengincar sudut gawang, tapi De Gea dapat membloknya dengan sempurna.

Publik Old Trafford dikejutkan dengan gol yang bersarang di gawang De Gea tepat di menit ke-54. Sebuah gol indah tercipta berkat aksi menawan Morgan Amalfitano. Winger West Bro menyisir dari lini tengah, dan tanpa mendapat kawalan ketat dia berhasil melewati hadangan Januzaj juga Rio Ferdinand yang mencoba mengintervensi pergerakannya. Amalfitano tak membuat kesalahan saat berduel satu lawan satu dengan De Gea, menunggu hingga momen tepat sebelum menceploskan bola ke gawang kiper asal Spanyol. Sebuah pukulan bagi United.

Keunggulan West Brom hanya bertahan tiga menit, karena Setan Merah akhirnya menyamakan kedudukan lewat Wayne Rooney. Sebuah tendangan crossing dilepaskan Wazza ke aras tiang jauh dan bola meluncur sempurna di sudut gawang tanpa mendapat perlawanan dari lawan.

Laga makin menarik di sisa 30 menit pertandingan. West Brom di luar dugaan terus menekan pertahanan The Red Devils. Sebuah serangan balik memungkinkan Anichebe memberi umpan kepada Sessegnon di area terlarang. Sepakan mantan penggawa Sunderland masih melambung di atas mistar.

Tim tamu nyaris unggul kembali saat Amalfitano melepaskan tendangan bebas, hadiah dari wasit menyusul pelanggaran Carrick terhadap Sessegnon. Sepakan keras Amalfitano masih dapat dihalau De Gea.

WBA akhirnya benar-benar mengungguli tuan rumah di menit 67. Sessegnon mencungkil bola yang ditujukan kepada Amalfitano, lalu dia mampu melewati hadangan Phil Jones. Sentuhannya berhasil dijangkau Berahino dan sang youngster tak melakukan kesalahan dengan melepaskan tembakan yang gagal dibendung De Gea.

United kian tertekan. Marouane Fellaini masuk menggantikan Anderson. Sementara itu Van Persie hampir mencetak gol jarak dekat setelah menerima umpan Januzaj.

Ketika tuan rumah kian intens memborbardir pertahanan lawan, West Brom bermain aman dengan menempatkan banyak pemain di pertahanan sendiri. West Brom bahkan nyaris mencetak gol ketiga di menit 79 akibat buruknya koordinasi lini belakang, di mana Evans tidak membuang bola dengan sempurna saat mencoba keluar dari tekanan Anichebe. Si kulit bundar justru jatuh tepat di depan Sessegnon, tapi sepakannya masih melebar.

Keunggulan 2-1 untuk WBA tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang, karena United tak mampu mengejar gol meski wasit memberikan perpanjangan waktu empat menit.

Untuk hasil pertandingan bola yang lain, dapat anda lihat disini.

Sementara MU tak berdaya hadapi West Bromwich Albion. ref:goal.com

Atletico Madrid Berhasil Taklukkan Real Madrid was last modified: September 29th, 2013 by Agus Darmawan
Terms : skor madrid vs atletico madrid tadi malam
tags: , , , ,